You are currently viewing Persiapan Tumpeng Songo dan 90 (Sangang Puluh) Gunungan Hasil Bumi

Persiapan Tumpeng Songo dan 90 (Sangang Puluh) Gunungan Hasil Bumi

Demak – Bupati Demak dr.Hj.Eisti’anah,SE tinjau langsung persiapan prosesi iring²an Tumpeng Songo dan 90 (Sangang Puluh) Gunungan hasil bumi yang diletakkan di area lapangan Setda Demak, Minggu (16/6/24).

Eisti menyampaikan bahwasanya, ke 90 (Sangang Puluh) gunungan hasil bumi yang melengkapi prosesi Iring²ang Tumpeng Songo telah siap ikut diarak pada Minggu malam nanti menuju Masjid Agung Demak.

Lanjutnya, keberadaan 90 (Sangang Puluh) gunungan hasil bumi tersebut bahkan telah siap dilakukan perhitungan oleh tim MURI Sore nanti, untuk dicatat dan pecahkan rekor pada Grebeg Besar Tahun ini.

Ditambahkan olehnya, meriah dan sakralnya nilai² agama dalam kemasan balutan budaya tradisi ini diharapkan untuk jangan sampai dilewatkan oleh warga Demak dan sekitar. Dirinya berharap, warga Demak dan sekitar dapat turut datang berbondong² terlibat dalam sakralnya prosesi tersebut yang akan berlangsung pada Minggu malam (16/6/24).

Kepala Dinas Pariwisata Demak, Endah Cahya Rini turut menuturkan bahwasannya. Tim MURI telah siap langsungkan penghitungan keberadaan Tumpeng songo dan 90 (Sangang Puluh) gunungan hasil bumi sebagai simbol Asmaul Husna berikut dengan total sego Ancakan Kadilangu sejumlah 521 sebagai simbol perayaan Hari Jadi Demak ke 521, pada Minggu sore di kedua tempat, yakni di Halaman Setda Demak dan lingkungan area Pendopo Notobratan Kadilangu.

Dirinya pun berharap Pemecahan Rekor MURI melalui dua substansi rangkaian Grebeg Besar Demak tahun ini mampu menjadi pencapaian prestasi sekaligus inovasi terbaik dalam unsur pelestarian budaya yang dimiliki Demak pada tahun ini.(Dinparta/jm)

Leave a Reply