DESA WISATA TLOGOWERU

Desa wisata Tlogoweru berada di wilayah Kecamatan Guntur Kab. Demak yang mempunyai luas wilayah 291.065 Hektar. Terdiri dari 2 RW dan 13 RT. Sejarah dari nama  Tlogoweru sendiri pada zaman nenek moyang kita di Desa tersebut terdapat sebuah telaga yang banyak tumbuh pohon weru. Maka diberikan nama desa tersebut Tlogoweru. Makna kedua berasal dari Tlogo itu  “ tuk “ untuk weru adalah kaweruh. Dari dua kata tersebut diartikan sebagai sumbernya ilmu. Mata pencaharian masyarakat mayoritas bertani.

Batas wilayah desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, sebelah utara  berbatasan dengan Desa Bogosari. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sidorejo, sebelah timur berbatasan dengan Desa Tajemsari dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Pamongan dan Punden Arum

            Desa Tlogoweru satu satunya daerah di Kabupaten Demak yang memiliki penangkaran burung hantu ( Tyto alba ) yang dikembangkan dan dilatih menjadi pemburu organisme pengganggu  tanaman (OPT) khususnya hama tikus  sawah yang sering meresahkan petani yang menjadi penyebab gagal panen. Sebelum adanya gagasan pengembangan tyto alba para petani dalam memburu hama tikus sawah. Secara gotong royong dengan memakai alat seadanya dari cara tersebut kurang efektif, sehingga muncullah gagasan untuk mengembangkan penangkaran burung hantu (tyto alba ) dan dijadikanlah burung tytoalba sebagai ikon desa wisata Tlogoweru.

Banyak potensi wisata yang ada di Desa wisata ini diantaranya seperti pembuatan paket wisata yang berbasis edukasi, membatik, pembuatan biogas, tempat pemancingan, oleh oleh khas juga tersedia seperti olahan keripik kacang, tempe, egg roll dari bahan dasar jagung dll. Yang merupakan produk rumahan masyarakat, Fasilitas homestay juga tersedia.

            Desa wisata burung tyto alba sudah dikenal sampai dengan luar provinsi Jawa tengah dan sudah menjadi rujukan pembelajaran (Study banding ) oleh provinsi luar Jawa Tengah serta menjadi narasumber di tingkat nasional. Desa wisata Tlogoweru Kecamatan Guntur memang sudah terkenal jika ada kesempatan ke Demak seolahkan berkunjung ke desa wisata Tlogoweru.

Leave a Reply