Wisata Edukasi  Mengangkat Kearifan Budaya Lokal

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan di destinasi wisata yang ada di Kabupaten Demak. Rabu (4/1/2023) Dinas Pariwisata Kabupaten Demak berkordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak. Maksud dan tujuannya bukan lain untuk mempersiapkan kegiatan wisata edukasi dimana desa wisata menjadi tujuannya. Sekaligus para siswa SD dan SMP yang ada di Kabupaten Demak sebagai sasarannya yang menjadi wisatawan lokal.

Solikin selaku karyawan Dinas Pariwisata menyampaikan kegiatan wisata edukasi ini mengangkat dan mengenalkan potensi desa wisata kepada peserta didik. Dalam kegiatan ini akan dikemas dengan kegiatan yang menarik serta mengangkat kearifan budaya lokal Kabupaten Demak.

Kegiatan wisata edukasi ini anak akan diajak berkegiatan di desa wisata yang akan dipandu oleh pemandu wisata lokal setempat. Sehingga peserta wisata edukasi akan mendapat pengalaman yang baru dan memupuk rasa bangga menjadi masyarakat Demak.

Kegiatan yang baik ini harus dibicarakan dengan duduk bersama antara Dinas Pariwisata, Dindikbud, Korwil Bidikbud dan lurah dari 12 desa wisata. Sehingga akan dirumuskan dan ditemukan konsep kegiatan dengan wisata dan edukasi yang saling berkaitan.

Tri Pitoyo, S.Pd, M.Pd selaku Sub koor Pembinaan SD menuturkan wisata edukasi nanti seyogyanya memperhatikan kalender pendidikan. Sehingga antar kedua belah pihak bisa merumuskan jadwal dan rundown kegiatan  yang disepakati bersama.

Dalam wisata edukasi ini juga diharapkan bisa menyisipkan muatan lokal dan budaya setempat. Sehingga dalam kegiatan ini anak semenjak dini dikenalkan kebudayaan yang ada di Kabupaten Demak. Dengan harapan jangan sampai peserta didik kita tidak mengenal potensi wisata dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Demak. Demakku, Demakmu dan Demak kita semua.

Leave a Reply