Hebohnya Lomba Senam Wisata Jragung

Program mempromosikkan pariwisata atau memperkenalkan potensi wisata Demak, dilakukan dengan berbagai cara oleh Dinas Pariwisata Demak, salah satunya adalah menyelenggarakan Lomba Senam Wisata yang dilaksanakan bersamaan dengan event Festival Jajanan Tradisional Jragung di kawasan Wisata alam Sendang Wuluh yang terletak di Desa Wisata Jragung. Lomba Senam Wisata yang mengambil lokasi wisata kenamaan Desa Wisata Jragung tersebut, diikuti oleh beberapa peserta dari desa sekitar yang turut meramaikan semaraknya Festival Jajanan tradisional Jragung yang terngah berlangsung.

Sebelum perlombaan dimulai, peserta terlebih dahulu diajak untuk melakukan senam bersama yang dilakukan oleh seluruh peserta lomba, dengan dipandu oleh instruktur senam yang ditunjuk langsung oleh Dinas Pariwisata Demak. Peserta lomba Senam wisata yang hadir, tidak hanya diajak untuk melakukan senam wisata bersama, tetapi peserta lomba pun diwajibkan untuk melakukan swa photo per Kelompok di Spot photo yang berada di sekitar Sendang Wuluh untuk berikutnya di unggah di media sosial Dinas Pariwisata Demak, dan dilombakkan untuk memperebutkan hadiah serta doorprize yang telah disediakan oleh pihak Dinas Pariwisata Demak dan Pemerintah Desa Jragung.

Selepas melangsungkan senam bersama seluruh peserta Lomba Senam Wisata, barulah perlombaan senam yang berlangsung di Sendang Wuluh, Desa Jragung, pada hari Sabtu pagi, tanggal (5/11/2022) di mulai dengan urutan penampilan pertama dari desa Rejosari, kemudian dilanjutkan dengan penampilan peserta lomba senam dari, desa Margohayu, desa Wonosekar, desa Tlogorejo, desa Teluk, desa Bumirejo, desa Brambang, desa Sidorejo, perwakilan Kec. Karangawen, dan yang terakhir ditutup dengan pesera lomba senam dari desa Kuripan.

Kehebohan peserta lomba yang didominasi oleh Ibu-ibu tersebut disiarkan secara live streaming melalui media sosial youtube official Dinas Pariwisata Demak, yang juga dapat disaksikan oleh masyarakat Demak sekitar yang belum dapat secara langsung mengikuti keseruan rangkaian perlombaan yang berlangsung bersamaan dengan Festival Jajanan trasdisional yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Demak.

Kehebohan peserta lomba yang berlangsung tersebut, menelurkan tiga juara, yakni Desa Tlogorejo sebagai peraih juara pertama, kemudian Desa Teluk sebagai peraih juara kedua dan ditutup dengan desa Wono Sekar sebagai peraih juara ketiga. Penyerahan Piala, piagam serta uang pembinaan diberikan secara bersamaan dengan peraih juara lomba Festival Jajananan Tradisional yang diikuti beberapa desa tetangga dari desa Jragung, yakni Desa Rejosari sebagai peraih juara pertama, yang disusul dengan desa kuripan sebagai juara kedua, dan ditutup dengan desa Jragung sebagai tuan rumah, peraih juara ketiga. Untuk juara swa photo yang diunggah di media sosial Dinas Pariwisata Demak dimenangkan oleh Desa Tlogorejo.

Kegiatan perlombaan yang diselenggarakan secara bersamaan dengan mengambil lokasi wisata alam Sendang wuluh tersebut, diharapkan mampu menjadi langkah nyata dan lanjutan yang diambil Dinas Pariwisata Demak dalam melakukan promosi wisata di salah satu kawasan Desa Wisata yang berada di Demak untuk dapat dikenal oleh masayrakat Demak dan sekitarnya hingga luar Demak. Hingga dunia kepariwisataan Demak mampu menyuguhkan potensi-potensi wisata baru yang dapat dikunjungi serta dinikmati para wisatawan yang datang untuk berkunjung dan singgah di Demak.

Leave a Reply