Desa Wisata Kab. Demak

DESA WISATA

Desa Wisata Bedono

Desa Bedono berada di Kec. Sayung yang memiliki destinasi wisata unik dan menarik, di antaranya adalah:

  1. Pantai Morosari
  2. Makam Terapung Syekh Mudzakir
  3. Pulau Blekok
  4. Treck Mangrove

“Kampung Teles” adalah nama Desa wisatanya. Abrasi air laut dan kenaikan air laut, mengakibatkan rumah-rumah warga di Desa Bedono tenggelam. Banjir rob, yang berlangsung sehari-hari itulah yang menjadikan Desa Bedono tidak pernah kering. Oleh sebab itu, dinamakan Desa Wisata “Kampung Teles”. Selain pesona wisata di atas, Desa Bedono juga memiliki makanan khas berupa kepiting marah dan kerang asam manis. Selepas berkunjung di Desa wisata “Kampung Teles” Bedono kita juga bisa membawa buah tangan khas desa, seperti batik khas Bedono yang bercorak pohon mangrove dan kerajinan kerang.

Desa Wisata Karang Melati

Desa Karang Melati Kec. Demak, Kab. Demak memiliki daya tarik wisata, berupa wisata edukasi, yakni meliputi pengolahan serta pembuatan batik khas Kab. Demak. Pengolahan Batik di karangmlati dipelopori serta diketuai oleh Ibu Dwi Marfiana, S.Pd, MH. Batik khas Demak sendiri ada beberapa pola, di antaranya adalah :

  1. Batik Motif Ulam Segaran
  2. Batik Motif Cupit Kepiting (Mengangkat tema wisata Bahari)
  3. Batik Motif Semangka Tegalan
  4. Batik Masjid Agung Demak

Selain wisata edukasi berupa batik tulis khas Kab. Demak, terdapat wisata edukasi pembuatan bedug dan terbang yang terbuat dari kayu pohon jati, nangka, munggur. Kayu-kayu dengan dasar keras dan kuat tersebut dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan bedug yang dijual dikisaran angka dua puluh juta perbuah. Bedug dan terbang (rebana) hasil olahan Desa Karangmlati sendiri telah diekspor hingga negeri Jiran (Malaysia), Brunei Darrusallam, hingga negeri Gingseng (Korea Selatan). Untuk corak atau ukiran tatahnya sendiri dikondisikan sesuai pesanan. Pengerajin dan penghasil Bedug di Karangmlati dapat ditemukan di pusat usaha milik H. Zaeni.

Terdapat pula wisata budaya di desa Karangmlati, yakni, tarian Zipin dan rebana yang biasa ditampilkan ketika acara sedekah bumi berlangsung di desa tersebut.

Di Desa Karangmlati sendiri terdapat wisata religi, berupa sebuah makam. Makam tersebut dikenal sebagai makam mbah Rukem, merupakan salah satu leluhur yang berada di Karangmlati dan merupakan salah satu juru masak keratin Demak pada masa lampau. Disaat Haul mbah Rukem pun diadakan istigosah dan pengajian.

Desa Wisata Bermi

Alam di Desa Bermi Kec. Mijen, Kab. Demak, terkenal dengan wisata sumur gandeng yang memiliki tiga rasa berbeda disetiap sumurnya. Selain itu di lokasi ini layak untuk dijadikan tempat Out bond dan water boom yang akan dikembangkan sebagai tempat pembelajaran di alam terbuka yang dipadukan dengan aktifitas bermain. Tak hanya terkenal dengan keberadaan sumur gandengnya saja, Desa Bermi juga memiliki wisata budaya, berupa wisata Apitan, Suronan, Karnaval Agustusan dan kesenian berupa Rebana Sivana.

Wisata kuliner di Desa Bermi, menyuguhkan makanan khas unik berupa pecel sayur petet yang rasanya akan memanjakan lidah para wisatawan. Di desa wisata Bermi juga terdapat lukisan dari pelepah pisang dengan berbagai macam ukuran dan bisa dipesan sesuai permintaan, dengan kisaran harga dua ratus ribu rupiah hingga satu juta rupiah, untuk dibawa pulang sebagai buah tangan khas Desa Bermi.

Desa Wisata Bungo

Desa Bungo Kec. Wedhung, Kab. Demak merupakan salah satu desa wisata yang memiliki destinasi budaya yang sangat unik dan kharismatik. Keunikan yang dimiliki Desa Bungo antara lain:

  1. Wisata Budaya Syawalan atau sedekah laut
  2. Wisata Budaya Sedekah Bumi dan Apitan
  3. Kirab Budoyo Desa Bungo
  4. Wisata Religi makam Mbah Panji Kusumo
  5. Wisata Hutan Jati
  6. Wisata Edukasi Pengelolaan limbah kerang

Selain potensi wisata tersebut, wisatawan juga dapat mencicipi kuliner khas Desa Bungo, yang akan memanjakkan lidah dan menggugah selera makan, antara lain:

  1. Grasak Seriping
  2. Kerupuk Olahan laut
  3. Petis Khas Bungo
  4. Aneka hidangan Seafood
  5. Jenang, Wingko dan onde-onde

Desa Wisata Jragung

Desa Jragung merupakan desa paling selatan di Kab. Demak, yang terletak di Kec. Karangawen. Keberadaannya yang terletak dengan Kab. Semarang dan Kab. Grobogan, membuat letak geografis Desa Jragung dikelilingi oleh perbukitan dan hutan yang membuat lingkungan nampak sejuk.

Di Desa Jragung sendiri terdapat kawasan wisata Jati Park yang cukup menarik untuk dijadikan objek berswa foto para wisatawan. Ketika dedaunan pohon jati berguguran, menciptakan suasana musim gugur ala negeri Gingseng (Korea).

Selain kawasan Jati Park yang dimiliki Desa Wisata Jragung, juga memiliki wisata sebuah sendang, di mana dikenal dengan sebuatan Sendang Wuluh. Di mana sumber mata air yang berada di sendang tersebut dipercaya oleh para wisatawan yang datang, sebagai perantara penyembuh penyakit.

 

Desa Wisata Tambak Bulusan

Desa Wisata Tambakbulusan yang terletak di Kecamatan Karangtengah memiliki keunikan dibandingkan desa wisata yang lain. Daya tarik tersebut seperti :

1. Wisata bahari

2. Wisata kuliner

3. Wisata budaya

Wisata bahari yang terkenal di Desa wisata ini adalah pantai Istambul, sebelum kita sampai ke pantai ini kita akan melaluinya dengan perahu wisata dan kita akan dimanjakan dengan pemandangan serta track mangroove yang menyejukan mata. Di Desa Tambakbulusan memiliki maskod yang diberi nama tam tam dan bul bul bul yaitu akronim dari tambakbulusan. Setelah lelah menikmati pantai Istambul kita juga bisa menikmati kuliner yang akan memanjakan lidah ita seperti ingkung bandeng dan olahan ikan laut lainnya. Wisata budaya yang ada di Tambakbulusan adalah sedekah bumi pada bulan apit dan sedekah laut bulan syawal. Jika berkenan berkunjung ke pantai Istambul bisa menghubungi Bapak Musa : 081225797650

Desa Wisata Boyolali

Desa Wisata Ojolali merupakan ikon Desa Boyolali yang berada di Kec. Gajah yang menjadi salah satu desa wisata yang berada di Kab. Demak. Desa tersebut memiliki beberapa potensi unggulan, di antaranya adalah:

  1. Kebon Jambu madu Dehli
  2. Water Park
  3. Agro Wisata
  4. Batik Khas Boyolali

Jika sebelumnya di Demak hanya terkenal dengan jambu citra dan jambu merah delima. Saat ini, Kab. Demak juga memiliki varietas baru, yakni Jambu madu Delhi, yang mana jambu ini dikembang biakan oleh masyarakat Desa Boyolali untuk mendukung wisata pesona agrowisata jambu madu Delhi. Badan usaha milik desa, juga menawarkan wisata water park atau wahana air yang bisa dinikmati oleh semua umur dan kalangan. Setelah berkunjung di wisata Boyolali, wisatawan dapat membawa cindera mata berupa batik khas Demak, berpola atau bermotif jambu madu.

Desa Wisata MoroDemak

Desa Wisata MoroDemak

Surga tersembunyi ternyata dimiliki oleh Kab. Demak, dikawasan Kec. Bonang. Surga tersembunyi tersebut terdapat di kawasan wisata Mangrove di ujung pantai Moro Demak. akses untuk menuju ke kawasan tersebut ditempuh melalui jalur air menggunakan sampan. Di Desa Wisata Moro Demak, juga memiliki wisata budaya syawalan dan sedekah laut yang dilaksanakan setiap tujuh hari pasca lebaran Idul Fitri.

Selain wisata bahari dan budaya, terdapat wisata edukasi yang memperkenalkan flora, fauna dan kearifan budaya lokal yang ada. Dengan demikian wisatawan akan mampu mengisi wawasan kebangsaan melalui kegiatan perjalanan wisata mengenal wilayah dan potensi sumber daya lokal.

Di Desa wisata Moro Demak juga bisa melihat banyak masyarakat setempat membuat perahu tradisional dalam wujud besar dan miniatur yang biasanya dilarung dalam prosesi syawalan. Selain wisata bahari, budaya dan edukasi, terdapat wisata kuliner yang menyuguhkan masakan khas berupa rujak pedo dan krupuk ikan Moro.

Desa Wisata Wonosari

Desa Wonosari yang berada di Kec. Bonang Kab. Demak terkenal dengan pengasapan ikan yang sudah menjadi percontohan di skala Nasional. Sebagai salah satu pemasok ikan di wilayah Kab. Demak, wonosari juga menyuguhkan wisata kuliner yang diolah di salah satu rumah makan cukup terkenal di Kab. Demak, yakni rumah makan BULU (Jambu Lele).

Di mana kawasan BULE, menyuguhkan sajian menu khas olahan ikan yang dipadukan dengan wisata petik jambu dari beberapa pohon yang tumbuh di sekitar area rumah makan, secara gratis.

Desa Wisata Candi Sari

Desa wisata Dewi Candisari terletak di Desa Candisari Kec. Mranggen yang memiliki beberapa destinasi seperti wisata budaya, wisata air, wisata edukasi dan wisata kuliner. Wisata budaya yang ada di Desa Candisari, antara lain:

  1. Festival Gebyur Dawet
  2. Kuda Lumping Turonggo Seto
  3. Apitan / Sedekah Bumi
  4. Festival Gogoh Iwak
  5. Pasar tradisional
  6. Kirab Pusaka Kyai Gading
  7. Iring-iringan pitulasan
  8. Takbir Mursal Kendaraan Hias
  9. Nyadran Suronan

Wisata edukasi seperti kampong inggris, kampong ternak, kampong opak sili, kampong gemblong selain itu juga desa wisata Candisari memiliki makanan khas yaitu soto sawah

Desa Wisata Tlogoweru

Tlagaweru, Guntur, Demak, Demak Regency, Central Java, Indonesia

Deskripsi tempat

Desa wisata Tlogoweru, Kec. Guntur, Kab. Demak terdapat pengembangbiakan burung hantu “Tyto Alba”. Di sini wisatawan bisa melakukan pengamatan tentang bagaimana burung hantu dipelihara dan dikembangbiakan. Wilayah Desa Wisata Tlogoweru dikelilingi hamparan sawah menghijau. Desa ini dikenal karena menjadi pusat penangkaran burung hantu Tyto Alba. Sebagian besar warga berprofesi sebagai petani dengan memanfaatkan burung hantu untuk mengendalikan populasi hama tikus yang merusak tanaman padi mereka.

Selain Destinasi wisata penangkaran burung hantu berjenis Tyto Alba terdapat juga kolam pemancingan ikan dan pusat pembuatan pakan ikan organik. Bagi wisatawan yang telah berkunjung di Desa Tlogoweru akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan juga dapat membawa cindera mata berupa oleh-oleh batik khas Tlogoweru yang bercorak burung hantu, serta replika burung hantu Tyto Alba.

Desa Wisata Jatirogo

Desa Jatirogo merupakan salah satu desa yang terletak di Kec. Bonang. Desa ini merupakan desa wisata yang menarik. Salah satu daya tarik yang dimiliki adalah keberadaan destinasi wisata Rowo Tanjung. Di mana di dalamnya terdapat arena bermain, kolam pemancingan, dan masiah banyak wahana yang disuguhkan. Tiket masuk ke wahana Rowo Tanjung juga terjangkau dan ramah di kantong wisatawan. Wisata ini cocok dinikmati bersama keluarga.