Gambaran Umum

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak

Kabupaten Demak adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah.Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat, Kabupaten Jepara di utara, Kabupaten Kudus di timur, Kabupaten Grobogan di tenggara, serta Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di sebelah barat. Kabupaten Demak memiliki luas 897,43 km² dan berpenduduk 1.158.772 jiwa (2019). Kabupaten Demak memiliki potensi wisata religi, panorama laut yang indah dengan hutan mangrove, dan kesenian. Dengan kekayaan potensi alam dan budaya yang luar biasa di dukung dengan potensi wisata religi dan lingkungan yang agamis maka Kabupaten Demak terkenal dengan sebutan “Demak Kota Wali”.

Potensi alam, seni dan budaya serta kuliner yang berada di masing – masing desa memiliki ciri khas yang unik untuk terus di eksplorasi, sehingga akan muncul potensi atraksi wisata yang bisa menjadi daya tarik dan peningkatan length of stay bagi wisatawan.

Berdasarkan visi Kabupaten Demak, Pemerintah Kabupaten Demak terus mendorong percepatan pengembangan usaha pariwisata yang meliputi pengembangan destinasi wisata, industry pariwisata, akomodasi pariwisata, jasa pariwisata, seni budaya dan ekonomi kreatif. Harapannya, Dinas Pariwisata sebagai pelaksana pemerintahan terkait urusan pariwisata dapat mendukung visi misi Kabupaten Demak sehingga dapat mengembangkan pariwisata secara berkelanjutan.