You are currently viewing Scoutlink

Scoutlink

ScoutLink, Perjalanan Panjang 25 Tahun Untuk Menghubungkan Pandu/Pramuka Seluruh Dunia.

Waktu merupakan sebuah kekuatan misterius yang tercipta bersama dengan alam semesta. Sebuah kekuatan misterius yang terus mendorong makhluk hidup maupun benda mati untuk selalu maju kedepan tanpa memberikan kesempatan untuk kembali.

Namun, bersama dengan berjalannya waktu. Ia juga meninggalkan sebuah kenangan, sebuah sejarah sebagai sesuatu untuk diingat maupun untuk dipelajari sebagai sebuah anugerah pemberian Sang Maha Pencipta bagi manusia hari ini maupun dimasa yang akan datang. Seperti kegiatan JOTI yang diadakan tiap tahun dan platform atau media pelaksanaannya, ScoutLink.

JOTI dan ScoutLink pada dasarnya adalah sebuah kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Kembali pada tahun 1995 lalu saat satuan penegak dari Australia mencoba untuk menghubungi anggota rekan mereka di Belanda melalui server IRC, pada saat itu pula terbentuk sebuah komunitas pandu/pramuka yang menggunakan IRC untuk berkomunikasi.

Saat itu ketika kegiatan “JOTI” dilaksanakan pada kanal #scouting pada server IRC populer seperti DaLNet dan EfNet. Timbul sebuah keinginan untuk menyediakan dan menciptakan sebuah server IRC yang dikelola dan diperuntukkan khusus bagi pandu/pramuka untuk berkomunikasi. Inilah awal dan cikal bakal berdirinya ScoutLink sebagai server IRC pertama yang dikelola dan diperuntukan bagi pandu/pramuka.

Kerja keras mereka tak terbuang percuma, terbukti dengan dukungan penuh dari WOSM maupun berbagai Pramuka dari lintas negara dan pada tahun 1997, ScoutLink ditunjuk oleh WOSM sebagai “Official Network” untuk kegiatan JOTI hingga sekarang.

ScoutLink membawa misi untuk menghubungkan pandu/pramuka dari seluruh penjuru dunia melalui “Internet Scouting” sekaligus mempromosikan keselamatan berinternet dan berusaha untuk menciptakan platform yang aman dan nyaman bagi para pandu/pramuka dan kawula muda, untuk saling berkomunikasi dan bertukar pikiran terutama tentang topik kepramukaan tanpa terbatas jarak, kepercayaan, budaya, kondisi geografis dan sebagainya.

Selama 25 tahun, ScoutLink telah berhasil menghubungkan jutaan pandu/pramuka dari seluruh penjuru dunia baik selama maupun pasca kegiatan JOTI. Meskipun saya sendiri baru merasakan JOTI pada tahun 2014 lalu dan terlibat langsung dalam pelaksanaan JOTI sebagai Volunteer ScoutLink dan membantu beberapa stasiun JOTA-JOTI sejak tahun 2017, saya merasa bersyukur dapat melihat sekaligus merasakan langsung bagaimana persiapan dan pelaksanaan kegiatan akbar ini tiap tahunnya sekaligus menjadi keluarga besar komunitas ScoutLink.

Karena melalui ScoutLink dan kegiatan JOTA-JOTI inilah, saya dapat mengenal berbagai teman dan tokoh luar biasa baik dari Indonesia maupun negara lain, baik dari tingkat cabang, daerah, nasional bahkan dari WOSM sekalipun.

Semoga baik kegiatan JOTI maupun ScoutLink dapat terus eksis dan berlanjut dari masa ke masa untuk memberikan hal baru dan dampak positif bagai jutaan generasi muda pandu/pramuka diluar sana. Sampai bertemu kembali pada JOTA-JOTI 2021 tanggal 15-17 Oktober nanti..