You are currently viewing Study Banding Desa Wisata Banjarejo

Study Banding Desa Wisata Banjarejo

Berangkat selepas apel pagi rutin di lapangan Kantor Dinas Pariwisata Kab. Demak, tanggal 16 Maret 2021, keluarga besar Dinas Pariwisata Kab. Demak, bidang Promosi dan Pemasaran bertolak menuju Desa Wisata yang terletak di Desa Banjarejo, Kec. Gabus, Kab. Grobogan. Perjalan yang dilalui lebih kurang selama tiga jam perjalanan menggunakan bus pariwisata, tiba di tempat tujuan pukul 11.00 WIB.

Setibanya tim dari Dinas Pariwisata Kab. Demak yang dipimpin langsung oleh Bapak Ardhito Prabowo,SH.MM, selaku Kepala Bidan Propar, didampingi oleh seluruh Kasie bidang Propar, tim disambut hangat serta ramah oleh Bapak Achmad Taufik, selaku Kepala Desa Banjarejo beserta staf di kantor Balai Desa. Sambutan yang hangat serta ramah tersebut, berlangsung dengan dilanjutkannya diskusi singkat mengenai cara pengelolaan desa wisata di Desa Banjarejo yang membidangi wisata dalam segi heritage atau cagar budaya.

Tak hanya situs cagar budaya saja yang dikelola oleh pihak Desa Wisata Banjarejo dalam dunia kepariwisataan, tetapi juga pengenalan serta pengembangan Festival Jerami yang tengah menasional dan viral ditengah kaum milenial kekinian. Festival Jerami sendiri, biasanya diadakan pada pertengah bulan September atau awal Oktober, di mana musim atau cuaca sedang cerah dan jauh dari curah hujan yang ada.

Sedangkan untuk situs penemuan cagar budaya yang berada di sekitar lingkungan Desa, berupa penemuan situs fosil yang berusia dua juta tahun lebih dikelola oleh pihak Pokdarwis yang bekerjasama dengan ilmuwan serta arkeolog yang berasal dari museum sangiran dan peneliti Bandung. Dari kerjasama yang terjalin, hingga kini telah berhasil mengidentifikasi sekitar seribu lebih jenis fosil yang dipamerakan di rumah fosil.

Dengan adanya kunjungan ataupun Study Tour yang telah dilaksanakan oleh pihak Dinas Pariwisata Kab. Demak, diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi serta modivikasi bagi Dinas Pariwisata Kab. Demak dalam mengembangkan dua belas Desa Wisata rintisan di Kab. Demak pada saat ini untuk menjadi lebih maju dan baik ke depannya.