You are currently viewing Buah Langka Ande Ande Lumut

Buah Langka Ande Ande Lumut

Ada yang tahu ini buah apa?

Ya kamu 100, ini buah Ande ande lumut (Jawa) Bukne (Makassar) atau Buni (Indonesia). Buah yang memiliki nama Latin Antidesma bunius ini jika sudah siap untuk dipanen memiliki ciri-ciri warna yang keungu-unguan pertanda buah buni sudah menghasilkan kadar Antosianin yang tinggi. Menurut para ahli, Antosianin sendiri merupakan sebuah senyawa yang memiliki manfaat sebagai penjaga kesehatan di pembuluh darah, kandungan gizi di buah buni juga sangat banyak, mulai dari Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B2, provitamin A, mineral besi dan lain sebagainya. Antosianin juga bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh. Buah buni juga dijadikan obat untuk penyakit-penyakit seperti kurang darah, darah kotor, hipertensi, jantung, pencernaan dan batuk. Berikut adalah penjelasan beberapa khasiat yang dihasilkan oleh buah langka ini:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Vitamin C dengan dosis tinggi yang terdapat pada buah buni dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, serta mencegah terjadinyakanker usus. Hal ini terjadi karena pada daging buah buni / ande ande lumut kaya akan serat. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, buah bisa dimakan langsung atau dicampurkan sebagai bahan tambahan makanan.
  2. Menjaga kekebalan tubuh
    Selain meningkatkan daya tahan tubuh, buah buni / ande ande lumut juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan tubuh. Mengkonsumsi buah buni pada saat setelah melakukan pekerjaan yang berat akan mampu menyegarkan kembali tubuh yang sudah mengeluarkan banyak energi.
  3. Menjaga kesehatan mata
    Kandungan provitamin A dalam buah buni / ande ande lumut sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan bisa mencegah terjadinya mata rabun dini.
  4. Memperlancar saluran pencernaan
    Karena sifat buah buni / ande ande lumut yang kaya akan serat, mengkonsumsi buah buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat dalam tubuh, cocok sekali dikonsumsi pada saat mengalami pencernaan dan mencegah konstipasi.
  5. Mencegah pertumbuhan sel kanker
    Buah buni memiliki fungsi antioksidan yang berguna untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel kanker, sertapenuaan dini. Adanya zat antioksidan juga berguna untuk menangkal efek radikal bebas
  6. Membantu Peremajaan kulit
    Seperti yang sudah diungkap sebelumnya, buah buni / ande ande lumut memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E. kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena akan meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit, serta menghilangkan sel – sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih muda dan sehat.
  7. Mencegah terjadinya hipertensi
    Tidak hanya menyehatkan kulit, buah buni / ande ande lumut bermanfaat untuk antihipertensi dan kesehatan jantung yang abnormal. Buah buni / ande ande lumut ini juga bagus untuk dikonsumsi kepada penderita anemia atau kurang darah.
  8. Mengobati bisul dan gatal
    Sifat anti-inflamasi dan diuretic pada buah buni / ande ande lumut ini, dapat mengatasi berbagai penyakit kulit seperti misalnya gatal karena alergi, gigitan nyamuk, bisul, jerawat dengan cara mengoleskan buah yang sudah dihaluskan di letakkan pada bagian yang gatal.

Mari kita bersama melestarikan buah lokal Nusantara.
.
.

buni #buahlangka #buahlokal #kehati #biodiversity #biodiversitywarriors