You are currently viewing TUMPENG SONGO

TUMPENG SONGO

Tumpeng Songo, merupakan tradisi perayaan Grebeg Besar di Demak. Dalam pelaksanaanya berlangsung di Masjid Agung Demak, Desa Kauman Kel.Bintoro Kab.Demak pada Hari Raya Idul Adha.

Sebelumnya kesembilan tumpeng tersebut dibawa dari Pendopo Kab.Demak menuju Masjid Agung Demak, diiringi oleh Bupati Demak Drs. H.M. Natsir beserta tamu undangan lainnya.

Tumpeng Songo merupakan tradisi Grebek Besar yang mengandung makna dan fungsi tersendiri bagi warga Demak.
Tumpeng Songo memiliki arti, salah satunya adalah Tumpeng yang berbentuk kerucut menjulang ke atas yang berarti, bahwa manusia harus selalu ingat kepada Allah. Tumpeng sanga diartikan sebagai simbol wali yang berjumlah sembilan orang.

Pada saat yang sama, di Kadilangu juga melaksanakan kegiatan serupa yaitu, Selamatan Ancakan. Selamatan tersebut bertujuan untuk memohon berkah kepada Allah SWT agar sesepuh dan seluruh anggota Panitia Penjamasan dapat melaksanakan tugas dengan lancar tanpa halangan suatu apapun.

Grebeg Besar Demak dimaksudkan untuk mengembangkan pariwisata daerah khususnya di Demak. Salah satunya adalah selamatan Tumpeng Sembilan dan iring-iringan Prajurit Patang Puluhan, dan Pengawal Minyak Jamas dari Pendopo Kabupaten menuju makam Sunan Kalijaga. Dengan demikian tujuan penyelenggaraan Grebeg Besar Demak selain untuk mengenang jasa para wali, dengan melanjutkan perjuangan dakwah Islam, juga untuk melestarikan nilai sejarah.