You are currently viewing ” WEBINAR PENERAPAN TTE PADA SINADIN “

” WEBINAR PENERAPAN TTE PADA SINADIN “


Memenuhi undangan Elektronik Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Nomor: 005/1306/2020 , Tanggal : 14 Juli 2020, Jum’at 17 Juli 2020 bertempat diruang pertemuan Pengembangan Obyek Daya Tarik Wisata (PODTW) Dinparta Kabupaten Demak berlangsung kegiatan Webinar Penerapan Tanda Tangan Elektronik ( TTE ) pada Sistim Informasi Naskah Dinas. Kegiatan dihadiri seluruh pejabat struktural Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Kegiatan webinar dengan moderator Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Demak Dra. Indah Cahyarini. MM. Dengan Narasumber Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, MMR. Menyampaikan bahwa Kabupaten Demak termasuk 100 Kabupaten/Kota yang menerapkan Kabupaten Smart City dan ke 2 terbaik se Indonesia dalam penerapan Smart City. Dalam upaya mendukung Smart City telah banyak inovasi OPD dengan memanfaatkan tehnologi digital. Salah satu diantaranya dengan adanya Sistim Informasi Naskah Dinas ( SINADIN) dan tanda tangan Elektronik. Dengan Tanda Tangan Elektronik ( TTE) pada SINADIN memberikan Jaminan :

  1. Otentik : Keaslian data terjamin.
  2. Utuh : Data hanya bisa diubah oleh yang berwenang.
  3. Integritas : Menjamin keutuhan data.
  4. Privacy : data hanya dapat diakses oleh yang berwenang.
  5. Anti penyalahgunaan : anti pemalsuan

Dan Rencana Tindak Lanjut :

  1. Pada bulan Mei 2020 :
    Dinkominfo bekerjasama dengan BSrE dalam pembuatan paspharasi, Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Kepala OPD se Kabupaten Demak.
  2. Pada bulan Juli 2020:
    Pembuatan Peraturan Bupati Demak koordinasi dengan Bagian Hukum dan pembuatan SOP koordinasi dengan Bagian Organisasi.
  3. Pada tanggal : 17, 24 Juli dan 7 Agustus 2020 pelaksanaan sosialisasi implementasi TTE. 3 OPD sebagai uji coba yaitu Sekretariat Daerah, Dinkominfo dan DINPTPMSP Kabupaten Demak.
    Diharapkan semua pejabat struktural OPD se Kabupaten Demak dapat mengikuti webinar tahap ke 2 yang direncanakan pada Jum’at 24 Juli 2020 mendatang. Diakhir kegiatan masing – masibg OPD akan diberikan petunjuk teknis TTE dan Sinadin.