panjang jimatRibuan warga Demak hari Minggu (5/3) lalu memadati alun-alun dan jalanan di sekitarnya. Mereka berdesakan untuk menyaksikan kegiatan Pawai Panjang Jimat yang digelar oleh Takmir Masjid Agung Demak.

Pawai Panjang Jimat ini digelar dalam rangka Haul Agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al-Akbar Sayyidin Panotogomo Ke-514; Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya kegiatan haul akbar ini selalu di selenggarakan di Masjid Agung dan sekitarnya.

Hadir di tengah-tengah warga, Bupati dan Wakil Demak beserta jajaran Forkopimda, MUI Kabupaten Demak, Kementerian Agama Kabupaten Demak, dan pejabat serta tamu undangan lainnya.

Pawai yang dibuka langsung oleh Bupati Demak H.M Natsir itu diawali dengan barisan paling depan adalah pembawa bendera merah putih kemudian kelompok santri yang berpakaian ala walisongo. Di belakangnya perwakilan sejumlah sekolah dan kelompok masyarakat yang menampilkan berbagai kesenian, termasuk seni tari zipin dan rebana. Mereka menunjukkan berbagai bakat dan keahlian yang bernuansa Islami.