You are currently viewing OPAK SILI DESA WISATA CANDISARI MRANGGEN

OPAK SILI DESA WISATA CANDISARI MRANGGEN

Demak_ Kuliner di Demak cukup beragam dan unik salah satunya ada di desa wisata Candisari.  Aneka jenis olahan dari singkong sering menjadi kuliner tradisional yang melegenda. Salah satunya adalah keripik atau opak , panganan khas  desa Candisari, Kecamatan Mranggen, Demak.

Berbeda dengan olahan lainnya yang berbahan dasar singkong, opak sili memiliki keunikan dan bahkan menjadi identitas desa Candisari dengan banyaknya sentra industri rumahan yang memproduksi opak, tepatnya di dusun Sili. Karena diproduksi di dusun Sili panganan ini dikenal dengan istilah opak Sili oleh masyarakat Mranggen dan sekitarnya.

Konon, desa Candisari dulunya banyak masyarakatnya yang membudidayakan singkong. Saat panen raya singkong terjadi secara bersamaan hingga stoknya melimpah. Warga pun berinisiatif untuk mengolah singkong tersebut menjadi aneka olahan. 

Di dusun Sili hampir seluruh warganya memproduksi opak Sili di setiap gang ataupun kampung banyak yang membuat opak secara home industri. Tak heran, banyak dijumpai pelataran rumah warga yang menjemur adonan opak yang masih basah. Rata rata mereka menekuni dan memproduksi opak pangananan dengan bahan dasar singkong ini telah menjadi usaha turun temurun .

Dalam hal produksi, dari dulu sampai sekarang tak pernah mengalami perubahan, hanya adonan singkong yang digiling secara manual setelah itu di jemur di bawah terik sinar matahari hingga kering untuk kemudian memasuki tahap penggorengan. Kendati demikian, hingga kini opak sili masih menjadi panganan yang tetap eksis dan memiliki penikmatnya tersendiri. 

Opak sili juga memiliki keunikan dengan ukuran relatif kecil, berbeda dengan opak lain atau sermiyer. Selain itu opak sili juga memiliki warna lebih putih dibandingkan opak yang lain dan memiliki harga terjangkau. Opak sili ini cocok untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke desa wisata Candisari Mranggen Demak. (Dinpar/Eza)

Leave a Reply