You are currently viewing Seleksi Prajurit 40

Seleksi Prajurit 40

Demak- Kegiatan Grebeg besar sebagai salah satu tradisi budaya yang ada di Kabupaten Demak sebentar lagi akan segera terlaksana. Grebeg besar merupakan event Nasional yang ada di Kabupaten Demak dan tidak ada didaerah lain.
Untuk mensukseskan kegiatan tersebut Dinas Pariwisata kabupaten Demak mengadakan seleksi untuk para pelajar SMA sederajat. Seleksi yang dialaksanakan untuk keterlibatan pelajar berperan aktif menjadi prajurit patang puluhan. Seleksi dilaksanakan dua kali rabu (22/5/2024) dan senin (27/5/2024) di pendopo Kabupaten Demak.
Prajurit akan dipilih dari mulai postur tubuh yang proporsional, kecakapan dalam baris berbaris selanjutnya kedisiplinan dan kehadiran. Karena pentingnya acara ini memang dibutuhkan keterlibatan dan kedisiplinan semua pihak untuk mengikuti latihan bagi peserta yang dinyatakan lolos. Hal ini bertujuan untuk menjaga rasa splidaritas dan kekompakan dalam formasi prajurit yang nantinya akan dikirab pada puncak kegiatan Grebeg besar tahun 2024.
Ardhito Prabowo Koordinator dan penanggung jawab prajurit patang puluhan mengungkapkan “ Prajurit patang puluh merupakan pasukan kusus yang akan mendampingi bupati Demak dipuncak kegiatan grebeg besar. Kirab ini akan dilaksanakan di tanggal 10 dzulhijah dari pendopo Kabupaten Demak menuju makam kanjeng Sunan Kalijaga untuk berziarah. Seusai ziarah dilanjutkan dengan kegiatan penjamasan pusaka kanjeng sunan Kalijaga” ungkap Ardhito.
“ Pasukan atau prajurit patang puluhan menarik perhatian masyarakat Demak untuk melihat saat dikirab. Maka dirasa perlu untuk mencari prajurit, diseleksi dan dilatih yang mempunyai postur tubuh yang proporsional. Hal ini bertujuan agar pasukan terlihat gagah, tegap, kompak dan berwibawa saat kirab berlangsung serta menumbuhkan kebanggaan bagi prajurit serta masyarakat Demak” pungkas Ardhito.(Dinpar/Eza)

Leave a Reply