You are currently viewing Assesment Lurah Tamtomo Grebeg Besar Tahun 2024

Assesment Lurah Tamtomo Grebeg Besar Tahun 2024

Demak- Dinas Pariwisata Demak menyelenggarakan untuk assessment calon Lurahing tamtomo pada grebeg besar 2024. Lurah tamtomo adalah panglima yang memimpin prajurit patangpuluhan untuk mendampingi bupati Demak untuk dikirab dari Pendopo Kabupaten Demak menuju makam kanjeng sunan Kalijaga di Kadilangu.


Senin (27/5/2024) di ruang pertemuan Dinas Pariwisata di seleksi lima peserta teratas yang akan jadi Lurah tamtomo di kegiatan Grebeg besar tahun ini. Proser Assessment dan Kualifikasi memerankan Lurah Tamtomo pada rangkaian sakral Grebeg Besar Demak di uji oleh professional yang biasanya mengurusi grebeg Besar.
Pemilihan sosok Lurah Tamtomo dikawal langsung oleh panitia yang berkompeten mengelola Event nasional tersebut. Adapun yang turut hadir dalam moment tersebut adalah, Ardhito Prabowo, Sunu Dwi Sudarso dan Solikhin.
Menurut Kepala Dinas Pariwisata Demak Endah Cahya Rini, hal ini merupakan tindak lanjut dari pencarian sosok baru yang diharapkan mampu memberi warna dan kenangan tersendiri pada moment Grebeg Besar tahun ini. Selain itu untuk mencari sosok lurah tamtomo yang loyal muda dan cekatan. Sehingga generasi muda sebagai penerus bisa melestarikan kearifan budaya local yang ada di Kabupaten Demak
“ Beberapa calon yang datang hadir mengikuti seleksi, menjadi bentuk nyata bahwasannya Pemerintah dan warga Demak antusias bersama. Hal ini untuk wujudkan keberhasilan Grebeg Besar pada tahun ini. Karena Grebeg besar menjadi event nasional yang ada di Kabupaten Demak yang harus senantiasa kita lestarikan” pungkas Endah. ( Dinpar/Eza)

Leave a Reply