You are currently viewing LATIHAN INTENSIF PRAJURIT PATIUNUS DAN PANDANARUM

LATIHAN INTENSIF PRAJURIT PATIUNUS DAN PANDANARUM

Demak – Saka Pramuka mulai intensif  dalam melakukan latihan sebagai prajurit Patuiunus dan prajurit Pandanarum. Kedua pasukan prajurit akan ditampilkan dalam kegiatan festival megengan dan kirab budaya kota wali tahun 2024.

Latihan ini dilaksanakan di area Pendopo Kabupaten Demak minggu (3/3/2024). Hal ini sebagai simulasi dan pengenalan serta penyesuaian medan saat kirab megangan nantinya untuk mengawal raja Demak yang disimbolkan oleh Bupati Demak.

Latihan ini juga mendatangkan pelatih yang kompeten yaitu Ahmad Widodo budayawan yang biasanya juga melatih pasukan prajurit patang puluh. Sehingga kesakrakalan dan marwah parjurit tetap terjaga serta menjadi kebanggaan bagi kita semua.

“ Prajurit Patiunus adalah prajurit kusus yang dimiliki kasultanan Bintoro dibawah kepemimpinan panglima Patiunus. Patiunus merupakan putra dari sultan Fatah yang ahli strategi di medan perang. Beliau juga pernah melawan Bangsa Portugis di Selat Malaka karena jasa beliau melawan penjajah Patiunus terkenal dengan sebutan pangeran Sabrang lor” ungkap Widodo.

“ Prajurit Pandanarum adalah prajurit putri yang mempunyai kemampuan memanah yang cantik, cerdas dan cekatan. Selain ahli memanah pasukan pandanarum juga ahli perang dalam jarak dekat dengan dipersenjatai keris cundrik. Jadi antara prajurit Patiunus dan Pandanarum adalah pasukan kusus yang siap melindungi Kerajaan Demak Bintoro yang mashur di masa lampau” pungkas Widodo. (Dinpar/Eza)

Leave a Reply