You are currently viewing Mengenalkan Wisata Budaya kepada Siswa SMP N 2 Demak

Mengenalkan Wisata Budaya kepada Siswa SMP N 2 Demak

Demak- Dinas Pariwisata Kabupaten Demak memenuhi undangan dari SMP N 2 Demak untuk menjadi narasumber. Kegiatan ini dilaksanakan selasa (23/1/2024) di Museum Glagahwangi.

Kegiatan ini untuk mengenalkan peserta didik yang ada di SMP N 2 Demak agar mengenal potensi wisata yang ada di Kabupaten Demak. Selain hal tersebut kegiatan pembelajaran diluar kelas memberikan kesempatan yang berbeda bagi siswa. Dengan pengalaman ini diharapkan mampu menambah pengalaman siswa dalam berinteraksi dengan dunia luar.

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak menugaskan Ardhito Prabowo dan Eko Zaenudin untuk menjadi narasumber. Tema yang disampaikan tentang kegiatan kirab budaya, megengan, syawalan dan ruwatan. Kegiatan itu menjadi wisata budaya yang ada di Kabupaten Demak yang memang harus dipahami dan diketahui peserta didik.

Eko menyampaikan “ Demak terkenal dengan wisata religinya yang berupa Masjid Agung Demak dan makam kanjeng sunan Kalijaga di Kadilangu. Selain wisata religi di Demak juga ada wisata budaya yang harus kita ketahui bersama. Kearifan budaya lokal ini sudah menjadi tradisi dan ciri Kabupaten Demak” ungkap Eko.

Eko juga menambahkan “ wisata budaya yang ada seperti kirab budaya dalam rangka hari jadi Kabupaten Demak. Megengan menyambut ramdhan dan syawalan atau sedekah bumi satu minggu setelah lebaran Idulfitri. Ada juga tradisi ruwatan yang dilaksanakan di pendopo Notobratan setahun dua kali bulan muharam dan rajab sebagai tradisi yang diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga” pungkas Eko.

Dengan keaneka ragaman wisata budaya Demak diharap mampu memupuk kebanggan kepada siswa lebih mencintai Demak. Demakku, Demakmu dan Demak kita semua. (Dinpar/Eza)

Leave a Reply