You are currently viewing Mengenal Desa Wisata Mranak Lebih Dekat

Mengenal Desa Wisata Mranak Lebih Dekat

Demak- Dinas Pariwisata Kabupaten Demak melakukan kunjungan ke desa wisata Mranak. Desa Mranak adalah desa yang terletak di Kecamatan Wonosalam yang berada dekat dengan jalan raya Demak – Kudus dan berada dijalur jalan tembus.

Kamis (11/1/2023) Kunjungan dari Dinparta ini langsung di temui Purwidi selaku Kepala Desa. Desa ini mempunyai keunikan yang bisa dijadikan rujukan untuk berwisata disini. Potensi yang ada seperti wisata batik, wisata agro, wisata kuliner, wisata seni budaya, wisata kreatif dan wisata religi.

Selain untuk menggali potensi yang ada, perlu juga di inventarisir penunjang wisata lainnnya seperti pemandu, homestay dan paket wisata. Desa ini mengunggulkan rumah makan “ Citra gemilang “ yang dikelola Bumdes untuk dijadikan Ikon. Di Citra Gemilang ini selain kita bisa berkuliner disini juga tersedia pemanacingan dan petik jambu citra serta delima.

Wisata di Mranak dikelola oleh Pokdarwis “ Kelompok sadar wisata “ yang diketuai Eko Ngudi Utomo. Beliau kesehariannya bertugas sebagai Kepala SD N Bintoro 9 dengan pengalaman dan jaringan yang dimiliki diharap mampu mengangkat potensi desa wisata Mranak agar lebih dikenal masyarakat luas.

Eko mengungkapakkan “ Potensi yang ada di Mranak baru kita inventarisir yang mana selanjutnya akan dikelola secara professional dan akan dijadikan paket wisata. Selain hal tersebut dibutuhkan SDM sebagai pemandu wisata dan humas agar paket wisata yang ada bisa di promosikan dan dipasarkar” ungkap Eko.

Eko juga menambahkan “ Pokdarwis akan bekerjasama dengan semua elemen masyarakat, tokoh agama, pemuda, ukm, seniman dan pelaku usaha pariwisata agar terbentuk Kadarwis “ masyarakat sadar wisata. Sehingga SDM yang ada bisa satu pemahaman untuk memajukan desa wisata Mranak ini. Kami akan bekerjasama dengan Korwil Bidikbud Kecamatan Wonosalam agar bisa dijadwalkan kegiatan outing class di desa Mranak” pungkas Eko. (Dinpar/Eza)

Leave a Reply