You are currently viewing ” PELATIHAN PEMANDU WISATA BUDAYA “

” PELATIHAN PEMANDU WISATA BUDAYA “


Dalam rangka upaya meningkatkan promosi serta pelayanan dibidang pariwisata Kabupaten Demak, Dinas Pariwisata Kabupaten Demak menyelenggaran Pelatihan Pemandu Wisata Budaya melipiti :
* Kuliner dan Belanja
* Sejarah
* Perdesaan dan Perkotaan
Selama 3 Hari mulai taggal 28 Oktober sd 30 Oktober 2019 yang diikuti oleh peserta sejumlah 160 orang yang berasal dari perwakilan Pokdarwis, Desa Wisata, Saka Pariwisata, pelaku usaha pariwisata kuliner, dan melalui rekruitmen. Bertempat di Hotel Amantis para peserta dikarantina menginap di Hotel Amantis. Senin 28 Oktober 2019 pelatihan dibuka oleh Asisten Pembangunan dan Ekonomi Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Windu Sunardi SH. mewakili Bupati Demak. Dalam sambutan Bupati Demak bahwa Pariwisata merupakan salah satu program unggulan Bupati Demak setelah: Pertanian, UMKM, Perikanan dan Kelautan. Icon Kota Wali dengan Masjid Agung Demak peninggalan para wali adalah wisata religi yang sudah mendunia yang mendatangkan wisatawan urutan ke 2 se Jawa Tengah setelah Candi Borobudur.


Diharapkan melalui pelatihan tersebut dapat mempromosikan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Demak sehingga dapat mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten Demak dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Dalam laporan penyelenggara diklat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Agus Kriyanto, SE, MM menyampaikan bahwa Penyelenggaraan pelatihan pemandu wisata budaya dibiayai dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik Tahun 2019. Dalam pelaksanaannya dibantu pihak ke 3 yaitu oleh CV. Angkasa Global Alzidan Semarang dengan Para Narasumber yang berkopenten di bidang Pariwisata. Diharapkan melalui pelatihan pemandu wisata ini nantinya para peserta dapat memperoleh ilmu untuk menjadi guide/ pemandu di destinasi daerah masing- masing bahkan dapat melihat potensi yang ada di daerahnya sehingga dapat menjadikan desa wisata baru atu dapat berinovasi untuk mengembangkan dentinasi yang sudah ada dan sekaligus mempromosikan wisata- wisata di Kabupaten Demak. Usai acara pembukaan para peserta langsung memperoleh materi dan terbagi dalam kelas Kuliner dan Belanja, Sejarah dan Perdesaan dan Perkotaan.