You are currently viewing Sejarah Desa Surodadi Sayung

Sejarah Desa Surodadi Sayung

Demak- Sejarah desa Surodadi Kecamatan Sayung perlu kita telisik setelah resmi mendapatkan SK desa wisata. Desa Surodadi memiliki keunikan dengan potensi wisata Pantai arnavat dan UKM kuliner olahan ikan.

Desa Surodadi terletak diujung barat kecamatan Sayung dan berbatasan dengan laut Jawa. Sebelat utara berbatasan dengan desa Tambak bulusan Karangtengah, sebelah Timur dengan Desa Tugu dan sebelah Selatan dengan Desa Timbulsloko Kecamatan Sayung.

Rabu (27/12/2023) bersumber dari Supriyanto Kepala desa Surodadi beliau menceritakan bagaimana sejarah desanya. Mungkin ada versi berbeda dengan sumber yang di dapatkan tapi ini salah satu sejarah terjadinya Surodadi.

Supriyanto menceritakan “ Konon para pendahulu desa yang bernama Mbah Suro sedang melakukan pertapaan atau bersemedi.  Mbah Suro malakukannya pada saat malam satu suro “ Muharram” di tepi Pantai. Tiba tiba datang seekor ikan hiu “ iwak Suro” dan dari itu diberi nama des aini dengan sebutan Suro dadi” ungkap Supriyanto.

Supriyanto juga menambahkan “ Ada versi lain juga yang mungkin di ceritakan tapi tak jadi masalah. Namun pada intinya Surodadi berarti pula menjadikan kesejahteraan masyarakatnya. Menjadi gemah ripah loh jinawi, titi, tata dan Tentrem” pungkas Supriyanto. (Dinpar/Eza)

Leave a Reply