You are currently viewing Mengenal Lebih Dekat Desa Wisata Jragung

Mengenal Lebih Dekat Desa Wisata Jragung

Desa Jragung merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Karangawen dan wilayah selatan Kabupaten Demak yang dikelilingi hutan, berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan. Adapun batas desa sebagai berikut sebelah utara dengan Desa Tlogorejo, Karangawen, Demak. Sebelah timur berbatasan dengan KRPH Tanggung Harjo Grobogan, sebelah selatan dengan Desa Candirejo, Pringapus, Semarang, sebelah barat dengan hutan KRPH Jembolo Utara.

Desa Jragung merupakah salah satu desa wisata dari dua belas desa wisata yang ada di Kabupaten Demak. Desa Jragung mempunyai potensi alam yang berupa dataran tinggu yang berbeda pada Kawasan daerahh lain di Kabupaten Demak. Desa Jragung berasal dari kata “Jurang Agung”. Apakah ada sejarah dari nama tersebut ?  Tentu saja ada. Jika ingin tau silahkan datang ke Desa Jragung.

Desa Jragung adalah desa paling selatan di wilayah Kabupaten Demak yang dikelilingi hutan. Potensi yang ada pasti wisata alam karena di sekitar hutan. Potensi wisata yang dimiliki Desa Jragung seperti wisata sendang wuluh yang memiliki keistimewaan bisa melihat tiga Kabupaten dari sendang wuluh. Keistimewaan lainnya air di Sendang tersebut sering digunakan untuk lantaran media kesembuhan penyakit oleh wisatawan. Banyak yang datang kesana hanya untuk sekedar berwisata serta mengambil air tersebut untuk media pengobatan penyakit.Selain sendang wuluh juga ada dua wisata yang sempat viral akan tetapi hanya menjadi wisata tiban/musiman jati park dan gunung modin.

Pengunjung dua wisata tersebut biasanya muda-mudi yang suka berfoto. Jati Park sendiri memiliki keistimewaan seperti wisata yang ada di luar negeri yaitu ada bagian pohon jati tertata rapi yang ditengahnya ada jalan untuk berjalan, persis seperti di luar negeri. Paling bagus biasanya saat musim kemarau ketika daun sedang berguguran.  Jadi di tempat tersebut pohonnya nampak ranting-ranting saja namun cocok untuk dijadikan koleksi foto dengan pemandangan yang indah.

Kuliner yang khas ada pada Desa Jragung seperti nasi jagung yang dibungkus dengan daun jati yang menambah selera makan dan memanjakan lidah penikmatnya. Selanjutnya ada kuliner sego wader yang berasal dari sungai setempat. Ini bisa dicoba jika anda semua berkunjung ke desa wisata Jragung.

Leave a Reply