Membersihkan Kereta Kencana Persiapan Kegiatan Grebeg Besar

Demak-  Dinas Pariwisata Kabupaten Demak membersihkan kereta kencana yang akan digunakanan dalam kegiatan Grebeg Besar Tahun 2023. Rabu (14/6/2023) di halaman Dinas Pariwisata Kereta yang semula berada di gudang penyimpanan dikeluarkan untuk dibersihkan.

Hal ini juga persiapan kegiatan guyangan atau memandikan kereta kencana Kyai Bintoro. Tradisi guyangan mulai ada sejak tahun 2017 yang menjadi rangkaian tradisi kegiatan Grebeg Besar.

Kegiatan membersihkan kereta ini dilakukan karyawan Dinas Pariwisata agar nanti dalam kegiatan kirab prajurit 40 an tanggal 10 Dzulhijah berjalan sukses dan lancar. Memang kereta kencana ini keluar ketika mendekati kegiatan grebeg besar.

Solikin salah satu karyawan Dinparta mengungkapkan “ Kereta kencana yang keluar dari gudang, kita bersihkan bersama. Agar kegiatan Grebeg besar nanti bisa berjalan sukses jadi perlu dipastikan kereta dalam kondisi baik dan layak digunakan” ungkap Solikin .

Solikin juga menambahkan “ kereta kencana ini memang perlu perhatian dan perawatan kusus. Jadi harus dirawat secara hati hati agar bisa lebih awet. Semoga kegiatan grebeg besar nanti berjalan sukses dan lancar” pungkas Solikin.

Leave a Reply