Mengenal Makam Mbah Mesem

Demak – Bertindak selaku koordinator lapangan, Ka.Bid Promosi dan Pemasaran Pariwisata, Ardhito Prabowo memimpin rombongan tim Dinas Pariwisata Demak menuju Desa Merak, Kec.Dempet, kamis, (2/3/23).

“Tujuan kegiatan perjalan ke desa Merak kali ini dalam rangka melakukan koordinasi dengan pihak pengelola desa, terkait pembuatan paket wisata Demak. Dalam paket tersebut, terlintas ide dan rencana untuk memasukkan Makam Mbah Mesem menjadi salah satu destinasi dari rangkaian paket wisata.”kata Ardhito.

Ditambahkan pula oleh Ardhito, dirinya beserta tim melakukan perjalan kali ini, juga dengan tujuan untuk mengenal lebih jauh tentang latar belakang Makam salah satu tokoh agama yang mendapat julukan Mbah Mesem.

Setelah menyampaikan maksud dan tujuan yang disambut baik oleh pihak kepala urusan tata usaha desa Merak, yakni Nur Tiamin.

Perjalanan dilanjutkan untuk mengunjungi sekaligus berziarah ke Makam Mbah Mesem atau sering pula di kenal dengan nama Syekh Natas Angin (Abdurrohman).

Dalam kunjungannya di area makam, tim disambut baik oleh juru kunci makam, K.H Muh. Mahfuri.

“Banyak orang menanyakan, mengapa Beliau. Mbah Mesem dipanggil demikian. Pasalnya, dahulu kala, Beliau merupakan salah satu Wali Alloh S.W.T yang jarang, bahkan tidak pernah mengeluh ketika diberikan amanah dalam pekerjaan. Bahkan, Beliau lebih sering menyikapi setiap pekerjaan dengan segala kendala dan masalahnya, hanya dengan tersenyum.”kata Muh. Mahfuri.

Dirinya pun menyampaikan, makna dari kata (Mesem) dari panggilan yang disematkan masyarakat, merepukan penyebutan arti bahasa jawa, dari kata tersenyum.(Dinparta/jm)

Leave a Reply