Saka Pariwisata Sukseskan Ruwatan Tahun 2023

Demak- Saka Pariwisata Kwarcab Demak binaan Dinas Pariwisata Kab. Demak ikut mensukseskan ruwatan tahun 2023. Ruwatan sebagai tradisi Jawa yang diajarkan kanjeng sunan kalijaga. Maksud dan tujuan ruwatan adalah cara manusia membersihkan diri serta upaya terhindar dari musibah dan marabahaya.
Ruwatan yang dilaksanakan hari minggu ( 19/2/2023) di pendopo Notobratan Kadilangu. Ruwatan kali ini di ikuti peserta sejumlah 344 orang atau sukerto. Para peserta atau sukerto berasal dari masyarakat Demak dan sekitarnya bahkan ada yang dari daerah luar Demak.
Saka Pariwisata Demak di setiap tradisi ruwatan dilaksanakan selalu terlibat dan ikut andil mensukseskan kegiatan. Hal ini juga selaras dengan pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Demak dalam kategori wisata budaya. Ini juga termasuk pengembangan dan peningkatan kapasitaa dari krida penyuluh pariwisata.
Eko Zaenudin sebagai Pamong saka mengungkapkan ” anggota saka yang terlibat dalam kegiatan ada 24 anak terdiri dari 11 putra dan 13 putri. Sebelum penugasan anak sudah di ajarkan apa yang menjadi tugasnya seperti memakaikan kain putih pada sukerto, pagar betis, dan pembantu umum. Pada dasarnya kegiatan ini mengenalkan kepada anak untuk bangga dan merasa memiliki dengan tradisi dan budaya yang ada di Kabupaten Demak ” ungkap Eko.
Kegiatan ini bisa berjalan lancar dengan kekompakan panitia dan anggota Saka Pariwisata. Semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari marabahaya, Aamiin. Salam lestari budaya dan tradisi yang adi luhur.

Leave a Reply