CAOS DAHAR LORO GENDHING

Demak – Caos Dhahar, makanan khas Kabupaten Demak, Jawa Tengah, ini merupakan warisan dari leluhur yang sangat melegenda. Konon, makanan ni menjadi kesukaan dan favorit Kanjeng Sunan Kalijaga, salah satu Wali songo yang dihormati sebagai penyebar agama Islam di Pulau Jawa melalui media seni dan mengakulturasi budaya jawa.

Makanan yang lengkapnya disebut sebagai Chaos Dhahar Lorogending ini biasanya disajikan dalam hari tertentu terutama hari-hari besar ataupun sebagai hidangan untuk menyambut tamu agung. Makanan ini awalnya bermula dari Kadilangu tempat dimana Kanjeng Sunan Kalijaga tinggal dimasa hidupnya. Sehingga secara spesifik dikenal sebagai makanan khas dari Kadilangu yang identik dengan Kanjeng Sunan Kalijaga. Makanan ini adalah olahan daging ayam dan ikan lele yang dibakar kemudian diberi bumbu pecel atau kacang.

Konon diceritakan masyarakat Kadilangu tidak semua orang bisa memasak caos dahar ini. Menurut kepercayaan Caos dahar ini dibuat orang yang masih trah dari kanjeng Sunan Kalijaga. Selain itu orang atau Wanita tersebut harus sudah menopause atau sudah tidak mengalami ‘bulanan’.

Leave a Reply