OL (Orientasi Lapangan) Peserta Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Wisata Th. 2022

Dra. Endah Cahya Rini,MM, selaku Plt. Dinas Pariwisata Demak, hadir secara langsung dalam kegiatan Orientasi Lapangan peserta pelatihan DAK Non Fisik tahun 2022, dari kategori Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Wisata Demak. Orientasi lapangan yang berlangsung di Rumah Merah Rembang tersebut, terlaksana pada hari Kamis pagi, tanggal (27/10/2022). Kegiatan tersebut, selain dihadiri Beliau sebagai Plt. Kepala Dinas Pariwisata Demak, turut hadir pula Dian Yulaita,SE.MM, selaku ketua koordinator pelatihan, didampingi Narasumber yang ditunjuk oleh Dinas Pariwisata Demak, serta para peserta pelatihan yang telah menjalani sesi pelatihan selama tiga hari di Amantis Hotel Demak.

Dalam kegiatan orientasi lapangan tersebut, peserta diajak untuk melihat secara langsung percontohan toilet yang layak serta memenuhi syarat C.H.S.E Point. C.H.S.E Point sendiri, adalah empat point penting yang perlu dicermati dan diperhatikan dalam hal tata kelola umum toilet di Destinsi dan daya tarik wisata, yakni; Cleanliness (Kebersihan), Healty (Kesehatan), Savety (Keamanan), Environment Sustainbility (Kelestarian lingkungan).

Dalam orientasi lapangan yang berjalan di bawah pendampingan penuh oleh Narasumber, beserta tim Dinas Pariwisata Demak tersebut, diharapkan mampu menggugah semangat para peserta pelatihan untuk dapat bergerak cepat dalam mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama menjalani pelatihan bersama Narasumber berkompeten. Hingga nantinya praktik di lapangan untuk mewujudkan toilet yang memenuhi standart C.H.S.E Point dapat terealisasikan secara nyata bagi masyarakat serta wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata ataupun destinasi wisata yang berada di Demak.

Leave a Reply