Acara Guyangan “Memandikan Kereta Kyai Bintoro ” Tahun 2022

Dihadiri langsung oleh Ibu Dra. Endah Cahya Rini,MM, selaku Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Demak, acara Guyangan “Memandikan” yang diadakan dalam rangka melaksanakan pembersihan dan mempersiapkan serta memastikan kelayakan Kereta Kencana Kyai Bintoro yang dipergunakan Bupati dan beberapa pejabat lainnya dalam momentum iring-iringan Grebeg Besar 1443 H/Tahun 2022 M, dihadiri pula oleh Bapak Widodo dan Sarono, selaku perwakilan dari Dindikbud Kab. Demak yang berkolaborasi dengan pihak Dinas Pariwisata Kanb. Demak dalam mensukseskan jalannya acara Guyangan.

Acara Guyangan yang terselenggara pada hari Kamis tanggal 7 Juli 2022, di lapangan belakang kantor Dinas Pariwisata Kab. Demak, tersebut turut dihadiri pula oleh seluruh pejabat struktural Dinas Pariwisata Kab. Demak beserta karyawan Dinas Pariwisata Kab. Demak. Dalam kesakralan acara Guyangan tersebut, Bapak Widodo serta bapak Sarono yang memimpin acara tersebut, meminta beberapa karyawan wanita Dinas Pariwisata Kab. Demak yang sedang memasuki masa menstruasi dan mengandung untuk tidak mengikuti kegiatan tersebut. Hingga akhirnya ritual tradisi tersebut dilaksanakan dengan kidung jawa yang dilantunkan oleh Bapak Sarono dan dilanjutkan doa oleh Bapak Abas Kiswanto dari Dinas Pariwisata Kab. Demak.

Setelah ritual kidung jawa dan doa usai, kegiatan memasuki inti acara, di mana air bunga tujuh rupa yang bercampur dengan wangi aroma minyak cendana yang ditampung dalam becana berwarna emas diguyur atau disiramkan “diGuyang” pada tubuh, roda Kereta-kereta kencana, beserta penjamasan keris, tombak prajurit 40-an yang tersimpan dan terpelihara dengan apik di sudut ruang khusus yang berdiri dan dibangun di lingkungan kantor Dinas Pariwisata Kab. Demak.

Selepas melakukan prosesi Guyangan “Memandikan”, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi potong tumpeng yang dilakukan oleh Ibu Dra. Endah Cahya Rini,MM, selaku Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Demak, dan dilanjutkan dengan serah terima potongan ujung tumpeng, kepada Bapak Widodo perwakilan dari Dindikbud Kab. Demak, sebagai simbolisasi wujud kerjasama dan kolaborasi antar OPD dalam mensukseskan event Grebeg Besar 1443H/Tahun 2022 M.

Adanya acara Guyangan yang terlaksana dalam kurun waktu setahun sekali berdekatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha tersebut, diharapkan mampu menjadi tindak lanjut Dinas Pariwisata Kab. Demak yang berkolaborasi dengan pihak Dindikbud Kab. Demak dalam menjaga tradisi dan budaya lokal daerah Kab. Demak. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang tidak lupa akan tradisi dan budayanya.

Leave a Reply