Kursus Pamong Saka se Kwarda Jawa Tengah

Saka Pramuka Pariwisata Kwartir Cabang Demak ikut serta dalam kegiatan kursus Pamong dan Instruktur Saka se Kwarda 11 Jawa Tengah. Kegiatan ini di ikuti perwakilan Saka se Jawa Tengah, namun Saka Pariwisata Jawa Tengah menugaskan Kak Eko Zaenudin selaku Pamong Saka Pariwisata Kwarcab Demak sebagai satu satunya perwakilannya. Kegiatan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 24-27 maret 2022 di Puskepram Candra Birawa, Karanggeneng, Gunungpati, Kota Semarang.

Dalam keberlangsungan kursus pamong dan instruktur saka ini membekali para peserta dalam manajemen pengelolaan pangkalan di satuan karyanya masing masing menyesuaikan dengan Jukran terbaru. Surat kepututsan No 03 Tahun 2021 menggantikan SK Kwarnas No 170.A Tahun 2008 sebagai Jukran saka yang lama. Sehingga kursus ini adalam tahap penyesuaian dengan peraturan yang terbaru.

Tim pelatih Pusdiklatda membersamai para peserta dalam membedah Jukran terbaru dan mensimulasikan pengelolaan Saka masing masing. Simulasi ini diharap menjadi contoh yang bisa diterapkan secara nyata di lapangan sehingga peserta dapat gambaran dalam pengelolaan Sata selepas kursus. Kegiatan berjalan lancar dan peserta dapat mengikuti dengan baik dan antusias. Sehingga ilmu yang di dapatkan di kegitan kursus kali ini bisa bermanfaat di Saka Pramuka Pariwisata Kwarcab Demak.