Monitoring Perkembangan Desa Wisata Tlogoweru (TYTO ALBA)

Hari Rabu pagi, tanggal 17 November 2021, tim TIC (Tourist Information Center) Dinas pariwisata Kab. Demak melakukan perjalanan menuju Desa Tlogoweru, Kec.Guntur, Kab. Demak untuk melakukan monitoring perkembangan Desa Wisata Tlogoweru. Tim tiba sekitar pukul setengah sepuluh pagi, dan disambut ramah oleh Bapak Agil Pamungkas, selaku sekretaris Desa Tlogoweru beserta staff.

Dalam monitoring yang berlangsung pada hari Rabu tersebut, kegiatan dipimpin langsung oleh Ibu Siti Umi Kulsum,S.Sos, selaku Ka.sie Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Kab. Demak yang didampingi oleh seluruh staff TIC Dinas Kab.Demak. Kegiatan tersebut dibuka dengan topik pembahasan mengenai proses pengembang biakan burung Tyto Alba. Burung Tyto Alba sendiri, merupakan burung hantu yang tegolong tidak mudah dan membutuhkan banyak perhatian dalam asupan makanan, vitamin serta pemeliharaannya. Namun, meski perawatan dan pengembang biakannya cukup sulit, Desa Tlogoweru yang terkenal dengan destinasi wisata edukasi dan penangkaran spesies burung jenis tersebut, terus berupaya untuk membudidayakan burung Tyto Alba di desa tersebut.

Selain Tyto Alba yang diangkat menjadi ikon Desa Wisata Tlogoweru, dalam perjalanan dan perkembangannya. Desa Tlogoweru terus berinovasi untuk memprekenalkan homestay khas kearifan lokal desa serta budidaya ikan Lele yang nantinya direncanakan akan dibangun dibelakang Pustu Desa Tlogoweru dengan penyebaran bibit ikan lele muda.

Dengan adanya monitoring yang dilaksanakan pihak Dinas Pariwisata Kab. Demak ke Desa-desa wisata yang berada di wilayah Kab. Demak, diharapkan mampu menjadi salah satu support system bagi Desa Wisata untuk tetap semangat dan berinovasi dalam mengembangkan Desa wisata di masing-masing wilayah. Aamiin.