Festival Boyong Kentong

Rangkaian Kegiatan Forum Komunikasi Desa Wisata yang berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 30 Oktober 2021 belum berakhir. Pada hari Minggu pagi, tanggal 31 Oktober 2021 dilanjutkan dengan acara Festival Boyong Kentong yang biasanya dilaksanakan ketika adanya pemilihan Kepala Desa. Namun untuk kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu lalu, acara Festival Boyong Kentong diselenggarakan dalam rangka untuk menyambut tamu Forum Komunikasi Desa Wisata yang hadir di Desa Wisata Penggarit, Kec. Taman, Kab. Pemalang.

Acara Festival Boyong Kentong dimulai pada pukul 07.00 WIB, pagi hari Minggu pagi oleh seluruh peserta Forum Komunikasi Deswita. Peserta atau tamu undangan mengenakan pakaian adat dari masing-masing Desa Wisata. Tamu undangan dengan pakaian adatnya, nantinya akan mengikuti danmasuk ke dalam barisan arak-arakkan.

Sebelum Arak-arakan Boyong Kentongan Keliling Desa dilakukan, terlebih dahulu peserta menghadiri prosesi penjamasan Kentongan. Barulah, setelahnya prosesi arak-arakan dilangsungkan hingga masuk keproses ritual penyerahan kentongan dari Kepala Desa Lama ke Kepala Desa Baru. Hingga akhirnya, prosesi ditutup dengan diadakannya pentas seni yang diisi oleh Karang Taruna Desa Wisata Penggarit. Dengan diadakannya kegiatan simulasi Festival Boyong Kentongan tersebut, diharapkan mampu menjadi salah satu cara dari pihak penanggungjawab Desa Wisata Desa Penggarit dalam memberikan suguhan, sekaligus ucapan selamat datang bagi para tamu undangan Forum Komunikasi Desa Wisata Ke-19 yang berkenan untuk hadir dalam acara tersebut.