Udara sejuk, khas nuansa daerah dataran tinggi yang jarang sekali dijumpai di daerah pesisir yang lebih didominasi oleh kekayaan bahari menjadi tempat pilihan study orientasi lapangan bagi Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner di Destinasi Pariwisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. tempat tersebut adalah resort The Wujil yang terletak di daerah Ungaran, pada tanggal 2 September 2021.

Setelah sebelumnya, peserta Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner di Destinasi Pariwisata mendapatkan bekal dari para Narasumber yang hadir berupa sedikit banyak mengenai ilmu penyajian masakan dengan memperhatikan Higienitas dan Inovasi pengolahan kuliner, saatnya peserta diberikan kesempatan untuk melakukan praktik secara langsung bersama seorang Chef di Resort The Wujil.

Antusiasme peserta pelatihan terlihat dari bagaimana peserta pelatihan mengikuti begitu semangat menjalani kegiatan Room Tour yang ditawarkan pihak resort, sebelum memasuki kegiatan praktikum bersama perwakilan Chef dari The Wujil Resort. Setelah rangkaian kegiatan Room tour usai, barulah peserta menuju tempat pelatihan yang berada di lantai empat salah satu Rooftop Garden, yang menyajikan suasana terbuka dan menyatu dengan sejuk dan indahnya alam di daerah Ungaran.

Chef Maria menjadi mentor para peserta pelatihan siang hari tersebut, beliau merupakan perwakilan Chef dari The Wujil Resort. Kegiatan diawali dengan Chef Maria yang memperkenalkan bahan masakan yang akan dijadikan bahan dasar memasak para peserta pelatihan, baru setelahnya acara dilanjutkan dengan praktik memasak beberapa jenis masakan khas Kabupaten Demak yang telah diimprove atau dikembangkan jauh lebih modern oleh Chef Maria.

Beberapa jenis masakan yang diangkat dalam praktik kali ini adalah :

1. Asem-asem Daging tanpa Tauco

2. Kerang Bakar

3. Ayam Bakar

4. Pie Belimbing

5. Belimbing Squash

Tak perlu menunggu lama bagi peserta untuk langsung mempraktikkan masakan yang telah dicontohkan sebelumnya oleh Chef Maria, sebelum nantinya hasil masakkan para peserta akan mendapat penjurian dari Chef Maria, selaku perwakilan Chef dari The Wujil Resort, dan Bapak Agus Kriyanto, SE.MM, selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak yang didampingi oleh Ibu Kurnia Zauharoh, SE.MM.

Waktu terus berjalan, hingga praktikkum memasak telah usai dan menelurkan tiga buah juara pada sore hari itu. Hingga kegiatan pelatihan pun ditutup dengan sorak sorai peserta pelatihan yang begitu gembira karena telah diberikan kesempatan untuk mendapatkan ilmu serta pengalaman baru dibidang pengelolahan kuliner yang menaruh perhatian besar terhadap pentingnya kebersihan dalam pengelolaan serta penyajian masakan, dan penting pula adanya inovasi kuliner dalam usaha kuliner, agar rasa bosan tidak hadir dan hinggap pada konsumen.