Bertolak dari pelataran Hotel Amantis Kab.Demak menuju Desa Ngargogondo, Magelang, pada hari Kamis, tanggal 17 Juni 2021. Secara langsung prosesi pelepasan dan pengantaran peserta Pelatihan Homestay dan Pondok Wisata tahun 2021, untuk bertolak ke Magelang, dipimpin oleh Bapak Agus Kriyanto,SE.MM, selaku Kepala Dinas Pariwisata Kab.Demak.

Seusai prosesi pelepasan peserta Pelatihan Homestay dan Pondok Wisata tahun 2021, pada Selasa pagi tersebut, rombongan panitia dan peserta bertolak menuju Desa Ngargogondo, Magelang, dengan  dipimpingi langsung oleh Ibu Kurnia Zauharoh,SE.MM, selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Demak, beserta Bapak Sutomo,S.Sos, selaku Kepala bidang PODTW dan staf.

Tak membutuhkan waktu lama bagi peserta bersama panitia untuk tiba disebuah kompleks Homestay yang terlihat begitu kekinian, tetapi tidak terlepas dari aspek keunikan dan kekhasan yang dimiliki oleh Desa Ngargogondo. Hal ini terlihat dari Penggunaan bahan serta ornamen yang mengambil unsur alam seperti rotan, bambu dan kayu yang masih dapat dinikmati dan dilihat, serta ditiru oleh peserta Homestay dan Pondok wisata untuk nantinya diimplemantisakan dalam pengembangan Homestay yang sudah peserta miliki sebelumnya.

Adanya kegiatan Orientasi lapangan yang merupakan salah satu rundown acara pelatihan yang diadakan Dinas Pariwisata Kab. Demak di Desa Ngargogondo, Magelang tersebut. Diharapkan mampun menjadi salah satu contoh nyata bagi para peserta untuk dapat mengamati secara langsung standarisasi Homestay untuk nantinya dapat ditiru serta dimodifikasi dalam pengimplementasiannya di lingkungan Homestay dan Pondok Wisata di Kab. Demak.