Dalam rangka mewujudkan Visi, Misi Bupati Demak petipde 2021 – 2026 Dinas Pariwisata Kabupaten Demak menyelenggarakan Pelatihan PENGELOLAAN DESA WISATA  selama 3 hari yang berlangsung dari tanggal 8 Juni sd 10 Juni 2021 bertempat di Hotel Amantis yang dibiayai dari dana DAK non fisik. Pelatihan yang diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari perwakilan pengelola Desa Wisata di Kabupaten Demak, di buka oleh Ibu Bupati Demak dr.Hj. Eisti’anah ,SE.MM ditandai dengan penyematan tanda  peserta.

Dalam sambutannya disampaikan  kita harus bisa membedakan antara Desa wisata dan Destinasi Wisata di Desa. Desa wisata adalah suatu bentuk interaksi antara atraksi, akomodasi, dan fasilitias pendukung yang disajikan dalam kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Sedangkan destinasi wisata di Desa adalah suatu tempat/ lokasi wisata yang ada di suatu Desa. Diharapkan para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik -baiknya untuk  meningkatkan kompetensi para pengelola Desa Wisata di Kabupaten Demak. Di akhir sambutannya Eisti’anah menyampaikan bahwa situasi pandemi covid’19 di  Kabupaten Demak dengan peningkatan kasus yang masih tinggi untuk itu para peserta dan penyelenggara  harus tetap mematuhi Protokol Kesehatan jangan sampai terjadi klaster baru karena pelatihan.

Masyarakat hendaknya bersabar, dikarenakan pemerintah saat ini telah berupaya untuk memutus rantai penyebaran covid’ 19 selama 2 minggu ke depan. Diharapkan semua masyarakat mendukung upaya – upaya pemerintah  agar penyebaran covid ‘ 19 segera berakhir, hingga semua dapat beraktivitas kembali, serta perekonomi berjalan dengan lancar, anak – anak dapat belajar di sekolah kembali. Dalam acara pembukaan pelatihan tersebut dilaporkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Agus Kriyanto, SE.MM. Bahwa selain untuk mendukung mewujudkan visi Bupati Demak yaitu mewujudkan

” DEMAK BERMATAB MAJU DAN SEJAHTERA ” juga sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pengelola Desa Wisata sehingga selesai pelatihan dapat menata  Desa wisatanya betinovafi untuk menjadi Desa Wisata yang lebih baik. Diharapkan peserta dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan Pengelolaan Desa Wisata dengan sebaik – baiknya sesuai protokol kesehatan.