Bertempat di salah satu Ball Room Hotel Amantis Kab.Demak, pelaksanaan Pelatihan DAK Non Fisik 2021 dibidang Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata resmi dibuka pada hari Selasa, tanggal 8 Juni 2021 oleh Ibu dr. Hj. Eisti’anah, selaku Bupati Demak dan didampingi oleh Bapak Agus Kriyanto,SE.MM, selaku Kepala Dinas Pariwisata Kab. Demak, dan Ibu Kurnia Zauharoh,SE.MM, selaku sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Demak serta perwakilan nara sumber yakni saudara Aris Widianto.  

Pelatihan yang berlangsung, tentu saja tidak lepas dari ketentuan mengenai protokol kesehatan ditengah wabah pandemi. Ini sungguh berkaitan dengan materi yang dipaparkan oleh Nara Sumber bagaimana menyikapi dunia kepariwisataan di tengah pandemi yang berlangsung agar tetap eksis tanpa terlepas dari protokol kesehatan yang berlangsung, karena keamanan atau safety diri ketika berpariwisata atau melakukan perjalanan ke suatu tempat wisata menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dan diperhitungkan pelaku wisata dan wisatawan yang datang atau tengah menikmati waktu dalam melakukan perjalananya.

Sejauh aspek yang disampaikan oleh Nara sumber dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kab. Demak pada tahun 2021, dengan menggunakan dana alokasi DAK Non Fisik tersebut, diharapkan mampu menjadi langkah lanjutan dan berkesinambungan bagi Dinas Pariwisata dalam memfasilitasi masyarakat Kab. Demak untuk peningkatkan diri dari segi aspek Sumber daya manusia, hingga nantinya mampu membawa Desa-desa wisata di Kab.Demak berkembang pesat dan dikenal baik dalam sekala nasional hingga international.