Riset Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Oleh Tim peneliti Undip Semarang

Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga di Kadialngu adalah landmark Kota Demak yang tidak bisa dipisahkan dari latar sejarah Kasultanan Demak Bintoro di abad Ke 15 M. Terdapat sejumlah bukti bahwa kelestarian situs bersejarah di Kota Demak menyusut akibat proses alami maupun evolusi peradaban. Pada komplek Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, artefak sejarah masih bisa di telusuri jejaknya, tetapi lanskap budaya yang melatari Demak sebagai Pusat penyebaran agama islam sudah sulit dilacak. Dari pemikiran tersebut Oleh Tim dari Universitas Diponegoro, Semarang Yang terdiri dari :
1. Ketua Peneliti : Dr. Lilin Budiati, ST, MT
2. Anggota Dosen : – Binta Septiarani, ST, MT
– Reny Yesiana, ST, MT
3. Anggota Mahasiswa : – Nindya Yul’ Aqfita,
– RF Dilla Syifa Nur Fadillah

Berinisiatif melakukan penelitian dengan judul “ Pengembangan Kota Demak berbasi lanskap Sejarah dan Sosial Budaya Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu “ yang dibiayai dari dana DIPA sekolah Vokasi UNDIP TA. 2019. Mengawali risetnya kemarin pada hari Rabu, 3 Juli 2019, tim dipimpin oleh Dr. Lilin Budiarti, ST, MT. melakukukan kunjungan ke Takmir Masjid Agung Demak, yang di terima oleh Sekretaris Takmir Masjid Agung Demak yaitu bapak Muthoin, S.Ag serta ke Dinas Pariwisata Kab. Demak yang diterima oleh bapak Sutomo, S.Sos selaku Ka. Bid ODTW . Riset tersebut bertujuan merevitalisasikan lanskap sejarah Masjid Agung Demak dan Makam Sunan kalijaga di Kadilangu dengan menggunakan Konsep Historic Urban Landscape ( HUL) dan hasil riset digunakan untuk menyusun aplikasi UNESCO agar Kota Demak dapat ditetapkan sebagai Pilot Project penerapan pendekatan HUL di Indonesia. Fokus Utamanya untuk mewujudkan Kota bersejarah yang pintar dan berkelanjutan dengan pendekatan HUL yang direkomendasikan oleh UNESCO.
Usai kunjungan tak lupa tim mencicipi kuliner asem asem Khas Demak di RM. Rahayu yang sudah tersohor kelezatannya. Semoga riset berjalan dengan lancar dan terwujud sebagaimanan tujuan Demak kota bersejarah yang pintar dab berkelanjutan, Amin.