WISATA EDUKASI TAHUN 2019

Atas kebijakan Bupati Demak H. M. Natsir kegiatan wisata edukasi terselenggara sejak tahun 2016 oleh Dinparta kabupaten Demak bekerja sama dengan OPD / lembaga terkait yang terdiri dari : Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Takmir masjid agung, bagian Umum ( Bagian Rumah tangga Bupati, skretariat Kab. Demak, AKN dan Dewan Kesenian Kab. Demak. Peserta didik dari TK / PAUD, SD / MI dan SMP / MTs secara bertahap terjadwal utuk mengikuti kegiatan wisata edukasi. Tujuan dari penyelenggaraan ini adalah untuk memperkenalkan sejak dini kepada para siswa tentang kekayaan potensi wisaa Kabupaten Demak, ke anekaragaman budaya, kesenian, serta mengajak para siswa untuk mengenal lebih dalam tentang pendopo Kabupaten Demak.
Demak telah mendunia dengan wisata religinya, yaitu Masjid Agung Demak peninggalan walisongo dan makam kanjeng Sunan Kalijaga di Kadilangu, wisata religi lain nya yang tidak kalah menarik adalah makam terapung Syeh Mudzakir di Desa Bedono, Kec. Sayung yang memiliki keistimewaan yang makam tersebut tidak pernah tenggelam walaupun air laut sedang pasang. Wisata bahari, Demak punya keindahan Pantai Morosari Sayung, pantai istambul, pantai Moro Demak, Pantai Berahan, Pantai Onggojoyo Wedung. Wisata alam lainnya Demak, elok akan kekayaan mangrove nya yaitu di desa Bedono, Reduksi sibad di Kedung Mutih dan Sibad di Babalan. Wisata budaya seperti Syawalan, Grebeg besar, Ruwatan di Notobratan kadialngu dan Kirab Budaya. Wisata edukasi penangkaran burung hantu berjenis tyto alba di Desa Tlogoweru Kec. Guntur .
Kegiatan Wisata edukasi terdiri dari Promosi wisata, materi sejarah Demak kemudian mengeksplorasi bakat seni peserta didik, Observasi kerumah Dinas bapak Bupati dimana akan dikenalkan ruang kerja Bupati Demak dan diteruskan ke tata kota Demak kenapa sedemikian, apa maksud serta artinya dilanjutkan ke Alun alun simpang 6 Demak, Masjid Agung Demak dan berakir di Museum Glagah wangi yang dipandu oleh temen Saka Pramuka Pariwisata dan Petugas UPTD Museum Glagah
wangi Dindikbud Kab. Demak. Dengan diselenggarakannnya wisata edukasi ini masing masing sekolah lebih mengutamakn untuk berwisata di kabupaten Demak sendiri sebelum berkunjung ke daerah lain. Mari bersatu padu Guyub Rukun membangung Kab. Demak.