Kerjasama dengan Pokdarwis

Pariwisata adalah salah satu jenis usaha yang kini menjadi primadona warga desa. Faktanya, hanya dalam beberapa tahun saja perkembangan wisata desa dan desa wisata, luar biasa. Siapakah sebenarnya yang beraksi hingga menciptakan lompatan besar ini, salahsatunya Pokdarwis alias Kelompok Sadar Wisata. Apa itu Pokdarwis dan siapa sajakah mereka?

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona. Kepariwisataan ini diharapkan bakal meningkatkan pemabngunan daerah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa.

Pokdarwis adalah kelompok yang bergerak secara swadaya artinya pengembangan kepariwisataan yang dilakukan di desa itu bersumber dari kekuatan desa sendiri dengan segala potensinya. Pokdarwis juga harus membangun dirinya secara swakarsa alias menciptakan pengembangan berdasar potensi kreativitas yang mereka miliki karena merekalah yang memiliki kuasa atas pengembangan desa dengan segala sumber daya yang mereka miliki.

Selasa, 7 Juli 2020 Dinas Pariwisata Kabupaten Demak diwakili Ibu Siti Umi Kulsum, S.Sos selaku Ka. Sie Pelayanan Informasi bekerjasama dengan saudara Muhzidin selaku Pokdarwis pengelola Pantai Glagahwangi Istambul untuk saling berbagi informasi dan berita, sehingga setiap ada info bisa segera di share kepada umum selain hal tersebut beritanya pun bisa dipertanggungjawabkan. Denga kerjasama ini bisa menguntungkan kedua belah pihak untuk bersinergi dalam membangun pariwisata yang ada di Kabupaten Demak untuk bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya, bersama pasti kita bisa.