You are currently viewing ” PAWAI PANJANG JIMAT KHAUL AKBAR KANJENG SULTAN R. FATTAH “

” PAWAI PANJANG JIMAT KHAUL AKBAR KANJENG SULTAN R. FATTAH “

            R. Fattah adalah Sultan I yang memerintah Bintoro Demak dan dinobatkan pada malam 12 Rabiul Awal 881 H/ 12 Maulud 1415 Saka, betepatan dengan tanggal 28 Maret 1503 M. Karena sejarah dan peranannya, penobatan R. Fattah sebagai Sultan Demak maka dengan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 1991 ditetapkan sebagai ” HARI JADI KABUPATEN DEMAK ” yaitu  tanggal 28 Maret 1503. Nama panjang dari R. Fattah sendiri adalah RADEN ABDUL FATTAH AL AKBAR SAYYIDIN PANOTOGOMO, memerintah kasultanan Demak sampai dengan 924 H/ 1518 M yaitu selama 15 tahun Masehi. Beliau wafat pada Selasa Pahing 13 Jumadil Akhir 924 H/ 1518 M. dalam usia 70 Tahun dan dimakamkan di komplek makam Kasultanan Demak disrbelah Utara Masjid Agung Demak. Wafatnya  beliau R.Fattah selalu diperingati setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Demak yang difasilitasi oleh Takmir Masjid Agung Demak dengan serangkaian jadwal kegiatan Khaul Agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al Akbar Sayyidin Panotogomo.

            Minggu 2 Pebruari 2020 bertempat di Alun- alun Demak berlangsung kegiatan Pawai Panjang Jimat yang merupakan bagian dari rangkaian acara Khaul Agung Kanjeng Sultan R. Fattah  yang ke 517 tahun 2020. Perhitungan Khaul R. Fattah berdasarkan kalender Islam Hijriah dan perhitungan Hari Jadi Kabupaten Demak berdasarkan Kalender Masehi. Acara pawai panjang jimat dihadiri oleh Forkopimda Demak, Takmir Masjid Agung Demak dan segenap tamu undangan. Pawai diikuti oleh para pelajar SD, SMP, SMA, SMK, Pondok Pesantren, Unisfat, STIQ, AKN berjumlah 57 pasukan. Peserta Pawai diberangkatkan oleh Bupati Demak dan Wakil Bupati Demak pada pukul 07.00 Wib. Dalam sambutannya Bupati Demak H. M.Natsir berpesan agar kegiatan Pawai Panjang Jimat Khaul Agung Kanjeng R.Fattah tetap dilestarikan selain untuk melestarikan kearifan budaya lokal sekaligus memberikan edukasi bagi masyarakat Demak tentang syiar agama Islam dan Kerajaan Bintoro Demak dibawah kepemimpinan R.Fattah. Untuk tahun selanjutnya kegiatan Khaul Agung R.Fattah akan menjadi kegiatan Pemerintah Kabupaten sehingga tidak lagi menjadi kegiatan Takmir Masjid Agung Demak.

            Pawai Panjang Jimat merupakan bagian dari beberapa kegiatan Haul Agung R. Fattah. Pemberian nama Pawai Panjang Jimat sendiri mengandung makna filosofi Jawa. JIMAT yang berarti Barang Siji Di Rumat. Yaitu yang berupa Masjid Agung peninggalan para wali 9 yang harus di jaga/dirawat/ dilestarikan sepanjang masa. Puncak Acara kegiatan Khaul Agung R.Fattah adalah Pengajian Akbar besok pada hari Kamis tanggal  6 Pebruari 2020 jam 20.00 Wib. di Alun- alun Demak dengan pembicara :

1. Habib Luthfi bin Yahya dari Pekalongan.

2. Gus Muwafiq dari Sleman Yogyakarta.

yang direncanakan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah. Bagi Masyarakat Jawa Tengah pada umum dan masyarakat Demak Khususnya mari kita sukseskan Pengajian Akbar R.Fattah untuk meningkatkan ketaqwaan pada Allah SWT.