“ABIWARA PARIWISATA TAHUN 2019”

Pemerintah provinsi sangat memperhatikan atas petumbuhan kepariwisataan di Jawa tengah yang selalu berkembang secara signifikan. Bentuk penghargaan pemerintah kepada para pelaku pariwisata adalah abiwara pariwisata yang setiap tahun diberikan. Pada tahun 2019 pemberian penghargaan diselenggarakan di alun- alun Kabupaten Kebumen pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019. Kegiatan diawali dengan penilaian even bersama 6 penampiln terbaik se eks karisidenan se jawa tengah. Yang berlangsung pada hari jum’at tanggal 4 oktober 2019. Kabupaten demak yang mewakili Pakudjembara diwakili oleh sanggar seni Kademangan, Bonang yang menjadi juara I pada even Pakudjembara di kabupaten kudus pada tanggal 3 mei 2019 beberapa waktu yang lalu. Sebelum acara dibuka tamu undangan disuguhkan dengan tari jebetan persembahan dari kabupaten Kebumen dan tari jateng gayeng gatra budaya Jawa tengah. Acara even bersama dihadiri oleh pejabat di lingkungan Disporapar Provinsi Jawa tengah, bupati kebumen yang wakili oleh sekretaris daerah Kabupaten Kebumen, perwakilan 6 Dinas Pariwisata eks karisidenan se Jawa tengah , kepala OPD se Kabupaten Kebumen.


Acara dibuka oleh sekretaris daerah Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiyono, SH. Dalam sambutannya membacakan sambutan bupati Kebumen bahwa even bersama ini suatu kesempatan yang diberikan pemerintah kepada seniman tari agar dapat meng ekspresikan kreatifitas seni dibidang tari. Berharap kedepan segala bentuk budaya seni sebagai warisan leluhur tetap terjaga kelestariannya. Satu persatu peserta even menampilkan tarian terbaiknya .penampil yang pertama oleh kabupaten purbalingga mewakili barlingga mas cakep dengan tari ranggawis. Penampil yang ke 2 perwakilan dari pakudjembara oleh Kabupaten Demak dengan tari babat glagah wangi dari sanggar tari kademangan Bonang. Penampil yang ke 3 oleh kabupaten Purworejo mewakili purwo manggung dengan tari jaranan ndolalak. Penampil ke 4 oleh kabupaten pekalongan mewakili sapta mitra pantura dengan tari trilogi batik. Penampil yang ke 5 mewakili kedingsepur dari kota semarang dengan tari tambak lorok dan penampil ke 6 mewakili subo suka wanasraten dari kota solo dengan tari rampak nusantara. Dari penilaian tim yuri oleh isi solo menetapkan para juara penampilan terbaik sebagai berikut :
1. Juara I oleh kota semarang
2. Juara II oleh kota solo
3. Juara III oleh Kab. Purbalingga
4. Juara harapan I Kab. Purworejo.
5. Juara harapan II Kab.Pekalongan.
6. Juara harapan III Kab. Demak.

Pada hari sabtu kepala Dinas Pariwisata Kab.Demak hadir dalam acara ABIWARA pariwisata dan menerima piala penghargaan walaupun sebagai juara harapan III. Dengan pengalaman tersebut diharapkan untuk bekal tahun mendatang dapat memberikan yang terbaik untuk pemerintah Kabupaten Demak.