Rapat Bidang Propar


Jum’at 17 Agustus 2020 bertempat di ruang Bidang Promosi Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Demak berlangsubg rapat internal Bidang Promosi Pariwisata yang membahas tentang Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan Kabupaten Demak yang merupakan tindak lanjut dari Pansus C DPRD Kabupaten Demak pada hari Kamis 16 Juli 2020. Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Promosi da Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Hasil dari rapat tersebut adalah mengusulkan pasal baru keterkaitannya pengembangan destinasi wisata yang ada di Desa sebagai acuan pengajuan dana untuk kepentingan pengembangan destinasi wisata yang ada di Desa ataupun Desa Wisata. Dari hasil rapat sebagai bahan masukan Kepala Dinas Pariwisata mengajukan usulan penambahan pasal baru kepada Pansus.

” RAPAT PANSUS C DPRD KAB. DEMAK”


Kamis 16 Juli 2020 bertempat di Ruang PansusnKomisi C DPRD Kabupaten Demak berlangsung Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan Kabupaten Demak. Rapat dipimpin oleh Pansus C DPRD Kabupaten Demak yang terdiri dari : Sulkhan, Fatkhan dan Abu Naim. OPD terkait yang diundang adalah Bagian Hukum, Setda Kabupaten Demak, BAPPEDA, DINPERMADES dan DINPARTA. Dari Dinas Pariwisata dihadiri oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang PODTW dan Ka.Sie Atraksi. Terkait Raperda Pembangunan Kawasan Perdesaan Kabupaten Demak adalah untuk pengembangan destinasi pariwisata yang berada di daerah/ desa sudah ada pasal untuk keterkaitan ato belum, kalo belum maka akan diusulkan dalam pasal baru sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengajuan anggaran baik usulan ke Provinsi atau pusat. Selanjutnya Raperda digaji di tingkat OPD untuk dilakukan revisi.

MENGGALI INFORMASI ” TENTANG GREBEG BESAR SEBAGAI BAHAN SKRIPSI “


Rabu 15 Juli 2020 bertempat kerja ruang Kepala Bidang Pengembangan Obyek Daya Tarik Wisata ( PODTW) berlangsung wawancara dengan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang terkait perayaan Grebeg Besar Kabupaten Demak yang setiap tahun dirayakan bertepatan dengan hari besar Islam Idul Adha. Informasi disampaikan langsung oleh Kepala Bidang PODTW Sutomo , S.Sos. yang mana sekaligus sebagai pelaku utama dalam perayaan kirab budaya iring- iringan minyak jamas prajurit patang puluhan sebagai ” Lurah Tamtomo ” pembawa hantaran minyak jamas dan bunga setaman. Informasi Grebeg besar tersebut sebagai bahan penyusunan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa. Secara lengkap dan jelas sejarah Grebeg Besar Kabupaten Demak telah disampaikan mudah- mudahan dapat membantu kelancaran penyusunan skripsi.

” WEBINAR PENERAPAN TTE PADA SINADIN “


Memenuhi undangan Elektronik Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Nomor: 005/1306/2020 , Tanggal : 14 Juli 2020, Jum’at 17 Juli 2020 bertempat diruang pertemuan Pengembangan Obyek Daya Tarik Wisata (PODTW) Dinparta Kabupaten Demak berlangsung kegiatan Webinar Penerapan Tanda Tangan Elektronik ( TTE ) pada Sistim Informasi Naskah Dinas. Kegiatan dihadiri seluruh pejabat struktural Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Kegiatan webinar dengan moderator Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Demak Dra. Indah Cahyarini. MM. Dengan Narasumber Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, MMR. Menyampaikan bahwa Kabupaten Demak termasuk 100 Kabupaten/Kota yang menerapkan Kabupaten Smart City dan ke 2 terbaik se Indonesia dalam penerapan Smart City. Dalam upaya mendukung Smart City telah banyak inovasi OPD dengan memanfaatkan tehnologi digital. Salah satu diantaranya dengan adanya Sistim Informasi Naskah Dinas ( SINADIN) dan tanda tangan Elektronik. Dengan Tanda Tangan Elektronik ( TTE) pada SINADIN memberikan Jaminan :

  1. Otentik : Keaslian data terjamin.
  2. Utuh : Data hanya bisa diubah oleh yang berwenang.
  3. Integritas : Menjamin keutuhan data.
  4. Privacy : data hanya dapat diakses oleh yang berwenang.
  5. Anti penyalahgunaan : anti pemalsuan

Dan Rencana Tindak Lanjut :

  1. Pada bulan Mei 2020 :
    Dinkominfo bekerjasama dengan BSrE dalam pembuatan paspharasi, Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Kepala OPD se Kabupaten Demak.
  2. Pada bulan Juli 2020:
    Pembuatan Peraturan Bupati Demak koordinasi dengan Bagian Hukum dan pembuatan SOP koordinasi dengan Bagian Organisasi.
  3. Pada tanggal : 17, 24 Juli dan 7 Agustus 2020 pelaksanaan sosialisasi implementasi TTE. 3 OPD sebagai uji coba yaitu Sekretariat Daerah, Dinkominfo dan DINPTPMSP Kabupaten Demak.
    Diharapkan semua pejabat struktural OPD se Kabupaten Demak dapat mengikuti webinar tahap ke 2 yang direncanakan pada Jum’at 24 Juli 2020 mendatang. Diakhir kegiatan masing – masibg OPD akan diberikan petunjuk teknis TTE dan Sinadin.

Sosialisasi mendukung Istambul Menjadi Sang Juara

Pantai Galagahwangi Istambul di Desa Tambak bulusan, Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak masuk dalam kategori destinasi baru pada API awards 202. Maka dari itu dibutuhkan dukungan nyata dari semua pihak, kerjasama antara pemerintah, stakeholder, pokdarwis dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Demak bisa berprestasi. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak ikut menyisir para kaum muda yang sering disebut kaum m,ilenial yang mana di organisasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Demak melalui Saka Pramuka Pariwisata dan pengurus DKC Demak. Untuk menggerakkan para pramuka yang ada di Demak dan pramuka se Jawa Tengah untuk mendukung Pantai Glagahwangi Istambul Demak yang menjadi satu satunya destinasi baru perwakilan Jawa Tengah. Mari dukung pantai Glagahwangi Istambul menjadi juara API Awards 2020 dalam kategori destinasi baru bersama kita pasti bisa.