“PENINGKATAN IMPLEMENTASI SAKIP DAN RB DI KABUPATEN DEMAK”


Memenuhi undangan Zoom meeting oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Selasa 14 Juli 2020 bertempat di ruang Command center Kab. Demak berlangsung kegiatan Zoom meeting Pemerintah Kabupaten Demak dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi dan Birokrasi. Kegiatan wajib diikuti oleh seluruh kepala OPD dengan mengikutsertakan seluruh pejabat Struktural. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak beserta pejabat struktural mengikuti jalannya acara melalui Zoom meeting di ruang pertemuan Dinas Pariwisata. Kegiatan dipandu oleh ibu Naning ka. sie Organisasi kepegawaian Sekretariat Pemerintah Kabupaten Demak. Selaku narasumber dari Pemerintah Kabupaten Demak adalah :

  1. Wakil Bupati Demak H.J oko Sutanto.
  2. Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes.
    yang didampingi oleh para Asiaten dan Staf Ahli.
    Dalam pengantar sambutannya Wakil Bupati Demak menyampaikan bahwa SAKIP ( Sistem Akuntabilitas Kinerja Pegawai ) merupakan integrasi sistim perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan Sistim Akuntabilitas Kinerja. Setiap organisasi wajib mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaian dengan ketentuan yang berlaku. SAKIP merupakan alat ukur setiap perkembangan kinerjs yang dilakukan masing-masing OPD, dan sebagai tolak ukur pertanggungjawaban anggaran yang gunakan untuk pembangunan. Terkait Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi dan Birokrasi target penilaian tahun 2019 dapat meningkat menjadi ” BB “atau ” A ” dari penilaian sebelumnya tahun 2019 dengan 63,11 kriteria ” B “. Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes menyampaikan paparan ” SAKIP MEWUJUDKAN DEMAK LEBIH EFEKTIF DAN EFISIEN “.
    Tindak lanjut atas rekomendasi penilaian mandiri reformasi birokrasi pada tahun 2018. Semua rekomendasi telah terpenuhi pada tahun 2019 yang meliputi inovasi – inovasi diantaranya :
  3. Inovasi Bidang pengawasan:
    Desa Waskita, E-PTLR, SIDABIT.
  4. Inovasi Bidang penanaman modal : SINTAPADU.
  5. Inovasi Bidang Kesehatan: DED PSC 119.
  6. Inovasi Bidang Peayanan Publik : SITAATEGAS.
  7. Inovasi Bidang UMKM : Go Desmart, SILAKOP.
  8. Inovasi di Bidang managemen SDM :
    SAKTI, ARDILA.
  9. Inovasi RSU SUKA : SISKA, Layanan online , layanan mandiri booking, kataloh digital.
    8.Inovasi di Bidang infrastruktur : SIJANTAN, SIJARI, SPA, SIKEREN.
    Juga disampaikan keberhasilan – keberhasilan dan penghargaan yang diperoleh oleh pemerintah Kabupaten Demak. Dari paparan tersebut setidaknya telah meyakinkan tim penilai dari Kementriann Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bahwa Kabupaten Demak telah banyak perubahan dan penibgkatan yangsignifikan dan optimis untuk dapat pencapaian kriteria ‘A’. Dia akhir kegiatan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Menggaris bawahi dari hasil Teleconveren yaitu :
  10. Segera ditindak lanjuti untuk dilakukan 100 orang responden.
  11. Dokumen lengkap akan tetapi harus diimplementasikan dengan sesungguhnya.
  12. Pemenuhan dokumen 1 minggu.
  13. Perbandingan sebelum dan sesudah atas perubahan.
  14. Akan dilanjutkan paparan PMPRB bagi OPD yang belum.
    Selanjutnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak menginsyruksokan kepada tim yang ditunjuk untuk melengkapi data dukubg yang belum dipenuhi sesuai waktu yang ditentukan.

Tunjukan Kreatifitas dan Bakatmu

[TAMBAKBULUSAN SIAP MENDUNIA]
KKN UGM Karangtengah JT-314 bekerja sama dengan Desa Tambakbulusan menyelenggarakan “Kompetisi Foto Kreatif Desa Tambakbulusan”
Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mempromosikan pariwisata Desa Tambakbulusan sekaligus mengkampanyekan dukungan Pantai Glagah Wangi dalam nominasi Destinasi Baru Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia ke 5 tahun 2020.
Eitsโ€ฆ
Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa saldo ovo dengan nominal ratusan ribu ๐Ÿ˜„
Tertarik untuk ikut ?
Yuk langsung saja cek ketentuan lebih detail di poster !
Ku tunggu karya – karya terbaikmu ๐Ÿ˜‰
#tambakbulusan
#kknkarangtengahugm
#pantai_glagahwangi
#nominasiAPI2020
#dinpartakabdemak

Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Demak Tahun 2020 Ditiadakan

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak sebagai penyelenggara kegiatan pemilihan mas dan mbak duta pariwisata Kabupaten Demak memutuskan untuk tahun 2020 kegiatan tersebut ditiadakan.
Karena situasi dan kondisi ditengah pandemi covid 19 yang tidak memungkinkan dilakukannya proses pemilihan. Semoga pandemi ini lekas usai dan ditahun berikutnya tetap bisa terselenggara kegiatan pemilihan mas dan mbak duta pariwisata Kabupaten Demak . Demak ku, Demak mu dan Demak kita semua.
Terima kasih

Pembagian Rompi Tim SPDP

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak menjadi kordinator dalam pembagian rompi bagi petugas SPDP. Selasa, 14 Juli 2020 bagi para CPNS yang bertugas menjadi tim SPDP dipersilakan untuk mengambil rompi tersebut di Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Rompi SPDP yang keren ini di pakai saat bertugas baik di kawasan Masjid Agung Demak dan Makam Kanjeng Sunan Kalijaga di Kadilangu.

Pengambilan Rompi SPDP

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak ikut berperan serta dalam penanganan pencegahan covid 19 sekaligus menjadi pendamping tim SPDP dari para CPNS. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak bertugas di sektor pariwisata yaitu dikawasan Masjid Agung Demak dan Makam Kanjeng Sunan Kalijaga di Kadilangu. Senin, 13 Juli 2020 staff Dinas Pariwisata Kabupaten Demak ke Kantor Satpol PP untuk mengambil rompi yang nanti akan dibagikan ke tim SPDP para CPNS 2019.