Tanam pohon di Tembiring

Polusi yang sudah menutupi udara seolah jadi makanan sehari-hari. Semakin lama, udara ini bisa membuat tubuh kita semakin sakit. Selain membatasi penggunaan kendaraan pribadi, salah satu solusi untuk membuat udara lebih segar adalah dengan menanam lebih banyak pohon. Manfaat menanam pohon pun tak hanya berhubungan dengan kesehatan, tapi juga lingkungan kita.

Manfaat menanam pohon mungkin tidak bisa langsung kita rasakan dalam waktu singkat. Namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak-anak dan cucu kita kelak, agar mereka bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari penyakit. Inilah tindakan nyata Dinas Pariwisata Kabupaten Demak untuk ikut serta mengurangi polusi dan menambah keasrian dengan menanam pohon di area Taman Parkir Wisata Tembiring Jogo Indah.

Pengajuan Rapid ke Dinas Kesehatan Kabupaten Demak

Sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Corona, pemerintah sudah mulai melakukan rapid test di beberapa wilayah di Indonesia. Sebenarnya, apa itu rapid test? Bisakah semua orang menjalani prosedur ini?

Kenali Apa Itu Rapid Test untuk Virus Corona - Alodokter

Jumlah orang yang positif terinfeksi virus Corona (COVID-19) di Indonesia kian hari kian bertambah terutama di Kabupaten Demak kasus covid 19 masuk dalam zona merah dan rangking 2 se Jawa Tengah . Guna mencegah penyebaran virus Corona lebih luas lagi, Dinas Pariwisata mengajukan untuk melakukan rapid test, kepada karyawan Dinparta, dikarenakan karyawan sering kontak dengan masyarakat yang berkunjung ke Masjid Agung Demak dan makam Sunan kalijaga di Kadilangu mendapingi petugas SPDP. Surat pengajuan ini dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten Demak pada hari jum’at tanggal 10 Juli 2020 kemudian ditindak lanjuti pelaksanaan rapid tes direncanakan hari Senin, 13 Juli 2020.

Kenali Apa Itu Rapid Test untuk Virus Corona - Alodokter

Kerjasama dengan Pokdarwis

Pariwisata adalah salah satu jenis usaha yang kini menjadi primadona warga desa. Faktanya, hanya dalam beberapa tahun saja perkembangan wisata desa dan desa wisata, luar biasa. Siapakah sebenarnya yang beraksi hingga menciptakan lompatan besar ini, salahsatunya Pokdarwis alias Kelompok Sadar Wisata. Apa itu Pokdarwis dan siapa sajakah mereka?

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona. Kepariwisataan ini diharapkan bakal meningkatkan pemabngunan daerah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa.

Pokdarwis adalah kelompok yang bergerak secara swadaya artinya pengembangan kepariwisataan yang dilakukan di desa itu bersumber dari kekuatan desa sendiri dengan segala potensinya. Pokdarwis juga harus membangun dirinya secara swakarsa alias menciptakan pengembangan berdasar potensi kreativitas yang mereka miliki karena merekalah yang memiliki kuasa atas pengembangan desa dengan segala sumber daya yang mereka miliki.

Selasa, 7 Juli 2020 Dinas Pariwisata Kabupaten Demak diwakili Ibu Siti Umi Kulsum, S.Sos selaku Ka. Sie Pelayanan Informasi bekerjasama dengan saudara Muhzidin selaku Pokdarwis pengelola Pantai Glagahwangi Istambul untuk saling berbagi informasi dan berita, sehingga setiap ada info bisa segera di share kepada umum selain hal tersebut beritanya pun bisa dipertanggungjawabkan. Denga kerjasama ini bisa menguntungkan kedua belah pihak untuk bersinergi dalam membangun pariwisata yang ada di Kabupaten Demak untuk bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya, bersama pasti kita bisa.

Kebersihan Taman Parkir Kadilangu

Kebersihan adala sebagian dari iman, pepatah itu bisa sangatrelevan jika kita semua untuk senantiasa menjaga kebersihan. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak mempunyai tugas pokok untuk mendukung pariwisata berkembang dan layak untuk dikunjungi oleh wisatawan. Walaupun makam kanjeng sunan kalijaga, Kadilangu belum dibuka secara umum di karenakan Demak masuk dalam zona merah, namun hal tersebut tidak mengurangi niatan para peziarah untuk berkunjung. Ada kalanya kunjungan tersebut meninggalkan sampah yang ada di parkir wisata Kadilangu. Menindak lanjuti masalah tersebut Dinas pariwisata tidak tinggal diam, para karyawan dengan sigap untuk membersihkan area parkir yang banyak dengan sampah. Diharapkan dengan lokasi yang bersih membuat para wisatawan nyaman dan betah. mari saudaraku semua jaga kebersihan minimal dimulai dari diri kita dan wilayah yang ada disekitar kita, tetap guyub rukun mbangun Demak.

Berwisata Kuliner bersama DPD HPI Jateng di RM. Sarwo Eco

Demak merupakan kabupaten yang terletak di Jawa Tengah dan memiliki beragam kuliner. Jika akan mudik ke Demak atau kebetulan sedang lewat di kota Wali ini, tidak ada salahnya jika mampir dan menikmati kuliner khasnya. “Dalam perkembangan kerajaan Islam, Demak adalah yang terbesar. Maka tak perlu khawatir soal kehalalan kuliner di sini. Ditambah lagi makanan makanan yang di sajikan erat kaitannya dengan Islam.

hal ini juga yang dimanfaatkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Demak ketika kedatangan tamu dari DPD HPI Jawa Tengah. Untuk suasana pertemuan agar lebih santai maka kegiatan dilaksanakan sekaligus berwisata kuliner di RM. sarwo eco yang terletak strategis ditengah kota Demak dan berada di dekat terminal Kabupaten Demak. Kebetulan juga pemilik rumah makan tersebut bapak H. Santoso merupakan ketua DPC PHRI Kab. Demak. Sehingga dalam kunjungan ini bisa lebih berdaya guna dan bermanfaat karena Sarwo eco menyajikan makanan halal dari Demak Kota wali.