” PEMBAHASAN MOU PANTAI ISTAMBUL GLAGAH WANGI “


Keberadaan pantai Istambul Glagahwangi yang terletak di Desa Tambak bulusan Kecamatan Karangtengah telah menambah Destinasi wisata bagi masyarakat Kabupaten Demak dan sekitarnya. 3000 Pengunjung setiap hari libur turut meramaikan riuhnya ruak-riak gelombang Pantai Istambul. Pemerintah Kabupaten Demak mendukung sepenuhnya untuk pengembangan destinasi wisata Pantai Tambak Bulusan. Terbukti dengan pemenuhan sarana dan prasarana fasilitas destinasi dan infrastruktur. Dinas Pariwisata berupaya menggali Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Demak di bidang Pariwisata. Dengan semakin berkembangnya destinasi wisata bahari Pantai Istambul, Dinas Priwisata Kabupaten Demak akan menggali PAD yang bersumber dari penarikan retribusi Pantai Istambul. Kamis 9 Juli 2020 bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten berlangsung kegiatan rapat pembahasan MOU dengan pengelola Pantai Istambul Glagahwangi. Rapat dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak dan menghasilkan formulasi rencana bagi hasil untuk PAD Pemerintah Kabupaten Demak yaitu 50 % dari retribusi parkir dan 50 % retribusi pengunjung yang mana formulasi tersebut tidak mengurangi hak/ pendapatan yang sudah berjalan akan tetapi menambahkan komponen retribusi yang belum tercover. Selanjutnya MOU akan segera ditindak lanjuti dengan pertemuan dengan steakholder pengelola Pantai Tambakbulusan dengan agenda pembahasan kesepakatan MOU.

” RAPAT PERSIAPAN KEGIATAN DAK NON FISIK “


Guna menciptakan Sumber Daya Manusia khususnya para pelaku usaha patiwisata Kabupaten Demak yang kreatif dan inovative Dinas Pariwisata Kabupaten Demak selalu mengalokasikan anggaran untuk penyelenggaraan pelatihan dalam upaya peningkatan dan pengembangan SDM kepariwisataan. Pada tahun 2020 mememperoleh anggaran dari pemerintah pusat melalui DAK Non Fisik sebesar 344 juta. Untuk persiapan pelaksanaan kegiatan, Jum’at 3 Juli 2020 bertempat di ruang pertemuan Dinas Pariwisata telah berlangsung rapat koordinasi kegiatan DAK non fisik tahun 2020. Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural. Hasil pe Kegiatan yang akan direncanakan untuk pelatihan:

  1. Pelatihan tata kelola destinasi pariwisata.
  2. Pelatihan Homestay.
  3. Pelatihan pemandu Ekowisata.
    Pelaksanaan kegiatan direncanakan pada bulan September 2020 bertempat di Hotel Amantis dengan jumlah peserta masing- masing kegiatan 50 orang. Untuk tahap persiapan segera berkoordinasi dengan narasumber, pendamping dan rekrutmen peserta. Diharapkan kegiatan dapat terlaksana sesuai skidul yang telah direncanakan.