” SOSIALISASI E – KINERJA “


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak beserta Karyawan/ Karyawati ASN , Jum’at 3 Juli 2020 dengan seksama mengikuti sosialisasi E – Kinerja melalui daring zoom meeting yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Kepegawaian Sekretariat Kabupaten Demak. Kegiatan terselenggara dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Bupati Demak Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan ( TPP ) Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Acara diawali dengan sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak. Dalam arahannya disampaikan bahwa mulai bulan Juli 2020 pemberian TPP ASN diberlakukan E – Kinerja tanpa pengecualian. Berkaitan dengan pelaksanaan Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi di Kabupaten Demak 15 OPD percontohan telah melaknasakan penilaian secara mandiri. Tujuan Reformasi Birokrasi sendiri adalah :

  1. Untuk menciptakan ASN yang orofesional, betintegritas dsn berkinerja tinggi.
  2. Menibgkatkan Good Governence ( Akuntabilitas, efektif dan efisien ).
  3. Meningkatkan pelayanan publik yang memuaskan.
    BASIC TPP :
  4. Beban Kerja.
  5. Prestasi.
  6. Tempat Bertugas.
  7. kondisi.
  8. Kelangkaan profesi
  9. Pertimbangan Obyektif.

DASAR TPP:

  1. 60 % PRODUKTIFITAS
  2. 40 % KEDISIPLINAN.
    Pelaksanaan sosialisasi dipandu dari petugas Bagian Organisasi dan Kepegawaian yang menjelaskan langkah – langkah E- Kinerja untuk diisi pada Produktifitas kinerja harian untuk semua ASN baik pelaksanana maupun Ka.Sie.Ka.Bid.Sekretaris. Untuk pejabat Struktural ada tambahan untuk menyetujui / approve bawahannya. Untuk Eselon 2 tidak berkewajiban mengisi kinerja harian hanya memberi persetujuan ( approve ) ka.bid. dan sekretaris. Maksi nilai dalam menit yang harus dipenuhi oleh ASN pelaksana adalah adalah 330 menit/ hari.untuk 5 hari kerja dan 275 menit/ hari 6 hari kerja. Pengawas 60 % dari standar pelaksana. Pinger dan pengisian E-kinerja harus diisi setiap hari, lupa finger dan mengisi akan mempengaruhi TPP yang diterima. Finger untuk mengukur tingkat kedisiplinan dan E- Kinerja untuk mengukur produktivitas ASN. Dengan E- Kinerja sebagai bentuk perwujudan akuntabilitas dan tranparansi dalam pemberian TPP bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Untuk itu masing – masing OPD agar memantau pelaksanaan E-Kinerja di lingkungan kerjanya.

“RAPAT EVALUASI KEGIATAN BULANAN”


Dinas Pariwisata Kabupaten Demak secara rutin setiap telah menyelenggarakan kegiatan evaluasi pelaksanaan kegiatan yang dilaksanalan oleh masingb- masing bidang/sekretariat. Kegiatan berlangsung Senin 6 Juli 2020 yang bertempat di Ruang pertemuan Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Agus Kriyanto,SE, MM selaku Kepala Dinas memimpin langsung pelaksanaan rapat evaluasi yang dihadiri oleh seluruh pejabat Struktural. Masing – masing bidang dan sekretariat menyampaikan laporan yang selanjutnya ditanggapi Kepala Dinas. Secara keseluruhan untuk Belanja tak langsung sudah sesuai perencanaan karena meliputi belanja pegawai. Untuk belanja langsung serapannya masih memenuhi target oleh karena dampak dari wabah pandemi dunia covid – 19 terlebih Demak masih dalam zona merah pada fase Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Adapun poin – poin pembahasan meliputi:

  1. Kedisiplinan pegawai semakin baik, Tidak ada pegawai yang tidak ikut apel karena tanpa keterangan.
  2. Kegiatan piket berjalan lancar.
  3. Tanaman kurma di Tembiring jogo indah banyak yang mati , dilakukan evaluasi/ ganti tanaman baru dan dilakukan perawatan.
  4. Perubahan anggaran 2020 direncanakan bulan agustus untuk itu harus dipersiapkan mulai sekarang.
  5. Kegiatan DAK Non Fisik perlu mendapat perhatian agar sesegera mungkin dipersiapkan dari mulai SK Tim, Narasumber, pendamping serta rekrutmen. Pelaksanaan di Hotel Amantis dengan jumlah peserta 50 sesuai juknis dengan mentaati aturan protokol kesehatan. Direncanakan bulan September 2020.
  6. DAK fisik SPK paling lambat 21 Juli 2020. Kekurangan persyaratan kesanggupan Daerah untuk melaksanakan sampai akhir TA 2020.
  7. DBHCHT tetap dilaksanakan didalam Daerah yaitu di BLK Demak yaitu pelatihan kerajianan limbah kerang dan plastik.
  8. Pelaksanaan promosi Inacraf di JCC pada tanggal 2/9 sd 6/9 2020.
  9. Promosi di Malang November 2020.
  10. Vestifal payung Candi Prambanan pada Bulan Desember.
  11. Lomba pop singer direncanakan akhir tahun.
  12. Belum ada undangan pengiriman sertifikasi.
  13. Tampilan kesenian even car free day/ di tempat wisata yang melibatkan grup seni daerah di Demak.
  14. Jateng fair tetap diagendakan rencana 23 Oktober sd 8 Nopember 2020. tiap – tiap daerah mengirimkan pentas seni.
    Diakhir rapat ditegaskan serapan anggaran tetap dimaksimalkan dan segera direncanakan untuk perubahan anggaran 2020.