“DINAS PARIWISATA KAB.DEMAK PAPARAN PMPRB TERBAIK “


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak menerima penghargaan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Demak atas keberhasilan dan kesuksesannya menyampaikan paparan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dihadapan Panelis Senin 29 Juni 2020 di Gedung Graha Bina Praja Kabupaten Demak. Penghargaan diserahkan usai acara paparan 5 OPD terpilih yaitu: Dinparta, Dinperpusar, Dinlutkan, Dindukcapil dan Dindagkop. Keberhasilan Kepala Dinas Pariwisata dalam menyampaikan paparannya tak lepas dari dukungan dari semua Bidang oleh karena pelaksanaan 8 perubahan tatanan reformasi birokrasi dikerjakan secara bersama- sama, untuk itu disampaikan ucapan terima kasih dengan bekerja bersama dapat menghasilkan sesuatu yang membanggakan. Pelaksanaan Reformasi Birokrasi lebih ke implementasi dilapangan tidah hanya sekedar data untuk itu ditekankan bahwa apa yang tersusun benar -benar bukti nyata implementasi dari Reformasi Birokrasi serta kegiatan – kegiatan yang akan datang. ” Bersama Pasti Bisa” Semboyan Dinas Pariwisata Kabupaten Demak.

” PAPARAN PMPRB DINAS PARIWISATA KAB. DEMAK “


Memenuhi undangan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Nomor: 005/ 1197/ 2020 tanggal 26 Juni 2029 perihal: Undangan pemaparan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ( PMPRB ), untuk itu pada hari Senin tanggal 29 Juni 2020 bertempat di Gedung Graha Binapraja Kabupaten Demak Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak hadir d didampingi Sekretaris dan Admin PMPRB untuk bergabung bersama 14 OPD lain yang ditunjuk melakukan penilaian mandiri atas pelaksanaan reformasi birokrasi memaparkan hasil penilaiannya. Dari 15 OPD yang ditunjuk panitia mumbuat kupon yang berisi 5 kupon sebagai OPD yang menyampaikan paparan. Dari ke 5 OPD tersebut adalah sebagai berikut :

  1. DINAS PARIWISATA.
  2. DINDAGKOP
  3. DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP
  4. DINDUKCAPIL
  5. DINLUTKAN

Paparan Dinparta disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Agus Kriyanto ,SE.MM, yang mana sebelumnya telah melalui uji materi pada tanggal 26 Juni 2020 dihadapan karyawan/ karyawati. Materi telah disampaikan dengan apik dan lancar sesuai apa yang telah dipenuhi dalam 8 management perubahan :
1.Manajemen perubahanenataan

2. peraturan perundang- undangan.
3.Penataan dn penguatan organisasi.
4.Penataan tatalaksana.
5.Penataan Sumber Daya Manusia.
6.Penguatan Akuntabilitas kinerja
7.Penguatan pengawasan
8.Penguatan kualitas pelayanan publik.
Selain materi tersebut disampaikan juga tindaklanjut rekomendasi hasil evaluasi implementasi Reformasi Birokrasi terkait dengan kondisi pandemi Covid – 19 Lengkap dengan data dukung. Hasil paparan selanjutnya mendapat masukan dari dewan yuri agar implementasi sesuai tatanan reformasi birokrasi benar- benar dilaksanakan tidak hanya sekedar pemenuhan dokumen akan tetapi implementasinya sebatas rekayasa.

Pemasangan MMT Peta wisata kabupaten Demak

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak melakukan pembaruan sarana promosi yang ada di Taman parkit Tembiring Jogo Indah. Dalam mengahadapi era kenormalan baru Dinas Pariwisata terus berbenah disegala sektor salah satunya peremajaan MMT yang ada di taman Parkit Tembiring Jogo indah. Dalam hal ini dipasang adalah Peta wisata yang ada di Kabupaten Demak. MMT ini terpasang ditempat yang sangat strategis katena berada diparkir bus pariwisata. Diharapkan dengan adanya sarana promosi ini para wisatawan tahu ternyata banyak destinasi wisata yang ada di Kabupaten Demak. Sehingga berkenan berkunjung ke destinasi wisata demak, ayo ke Demak ke Demak lagi.

Tahlilan di Mushola Dinparta Kab. Demak

Tahlilan adalah ritual/upacara selamatan yang dilakukan sebagian umat Islam, kebanyakan masyarakat di Indonesia melakukan tahlilan untuk memperingati dan mendoakan orang yang telah meninggal yang biasanya dilakukan pada hari pertama kematian hingga hari ketujuh, dan selanjutnya dilakukan pada hari ke-40, ke-100, kesatu tahun pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Ada pula yang melakukan tahlilan pada hari ke-1000. Namun dalam hal Ini Dinas Pariwisata Kabupaten Demak melakukan tahlil di Mushola Dinparta untuk mendoakan putra Bapak Bupati Demak yang hari sabtu tanggal 27 Juni 2020 telah dipanggil ke rahmatullah. Kegiatan tahlilan ini dilakukan oleh karyawan Dinas Pariwisata setelah sholat dzuhur dengan mengatur jarak sesuai protokoler kesehatan. Semoga amal ibadah beliau diterima, diampuni segala kesalahannya dan diberi ketabahan bagi yang ditingggalkan.

Apel Petugas SPDP Masjid Agung Demak

Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia sampai saat ini nelum selesai, bahkan penyebaran dan korban terus merambah ke daerah tak terkecuali di kabupaten Demak. Di era kenormalan baru kegiatan sosial mulai beranjak dari kemarin yang dibatasi untuk melakukan kegiatan. Pemerintah Kabupaten Demak terus berupaya untuk menekan penyebaran virus korona ini dengan membuat tim satuan penegak disiplin protokoler covid 19. Salah satu tempat yang di jadikan posko Tim SPDP adalah Masjid Agung Demak yang terletak di pusat kota Kabupaten Demak. Senin, 29 Juni 2020 pukul 08.00 Wib diadakan apel bersama dan briefing antara petugas PSDP, Dinas Pariwisata, Banser, Petugas Ta’mir MAD. Dalam apel ini mengkomunikasikan apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab bersama dalam piket di area Masjid Agung Demak.