Monitoring Istambul pada masa Pandemi Covid 19


Upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran covid – 19. salah satunya penutupan destinasi wisata dimana pariwisata berdampak pengumpulan massa yang banyak. Pantai Istana Tambak Bulusan salah satu destinasi Mangrove dan bahari di Kabupaten Demak tepatnya di Desa Tambak Bulusan Kecamatan Karang Tengah. Terhitung sejak penutupan kurang lebih sudah 2 bulan. Destinasi wisata pantai yang dikelola oleh BUMDES sama sekali tidak ada kunjungan selama pandemik covid – 19. Dinas Pariwisata Senin 11 Mei 2020 rombongan terdiri dari Sekretaris , Ka.Bid. Propar, Ka.Bid. ODTW. Ka.Sie.Atraksi dan Ka.Sie Daya Tarik Wisata melakukan kunjungan monitoring ke Istambul ( Pantai Glagah Wangi ). Tim untuk menuju ke lokasi harus melalui jalan air dengan prahu selama 5 menit. Kondisi sepi tapi masih tetap terawat. Sebelum adanya wabah biasanya jumlah kunjungan sudah mencapai 3000 pengunjung setiap hari libur perkembangan ini berdampak terhadap perekonomian masyarakat Desa Tambak Bulusan. Akan tetapi dengan adanya wabah covid – 19 berdampak pada berkurangnya atau bahkan tidak ada pemasukan ekonomi masyarakat sekitar, dan masyarakat lebih beralih pada profesi lain untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Rapat Tim Kecil Perubahan Tarif Retribusi


Senin 11 Mei 2020 bertempat di ruang Kepala Dinas Pariwisata berlangsung kegiatan rapat tim kecil perubahan tarip retribusi Dinas Pariwisata Demak yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Hadir sebagai Tim kecil adalah Bambang purnomo, Agung Dwi Susanto , M. Fahri. Dalam agenda rapat tersebut selain membahas perkembangan usulan Peraturan Bupati Demak tentang perubahan tarif retribusi juga usulam petunjuk tehnis pelaksansanaan Peraturan Bupati tersebut.

Rakor Internal Evaluasi Kegiatan Bulan April 2020


Agenda rutin bulanan setiap minggu awal adalah rapat evaluasi kegiatan masing- masing Bidang dan sekretariat Dinas Pariwisata Kabupaten Demak.Bertempat di Ruang Pertemuan Dinparta pada hari Rabu, 6 Mei 2020 berlangsung rapat internal evaluasi kegiatan selama bulan April 2020. Selama bulan April kegiatan dipenuhi dengan rakor rasionalisasi anggaran untuk pencegahan penyebaran covid-19. Anggaran Dinas Pariwisata banyak terpangkas kurang lebih sebesar 835 juta. Rasionalisasi terbagi di sekretariat dan Bidang ODTW maupum Propar. Kegiatan – kegiatan yang tdk dapat dilaksanakan karena pandemik Covid- 19 semua dirasionalisasi. Terhadap PAD sebagaimana hasil rapat dengan Tim Anggaran bahwa PAD Dinpata tetap sebesar. 2.1 M. dengan langkah – langkah usulan Peraturan Bupati Demak terkait perubahan tarif retribusi , kebersihan dan parkir wisata yang mengalami kenaikan. Untuk itu tim yang telah terbentuk melakukan pemantauan sejauh mana proses penerbitan Peraturan Bupati agar secepatnya dapat diterapkan setelah penutupan kawasan wisata dibuka kembali setelah wabah covid-19 mereda. Terkait rasionalisasi PPTK untuk segera menyesuaikan kegiatan masing- masing bidang.