“PUBLIKASI TERKAIT TIDAK ADANYA PERAYAAN MEGENGAN DAN PENUTUPAN AKSES KE ALUN-ALUN”

Sudah menjadi tradisi tahunan setiap menjelang datangnya bulan suci ramadhan yaitu tradisi “Megengang”. Momen yang ditunggu masyarakat Demak untuk merayakan kegembiraan menyambut datangnya bulan suci ramadhan dengan menikmati kuliner khas Demak. Akan tetapi dengan adanya wabah covid-19 perayaan megengan ditiadakan. Untuk itu perlu dilakukan publikasi kepada masyarakat agar tidak merasa kecewa. Tim Dinas Pariwisata yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pelayanan Informasi Pariwisata yang dibantu oleh 3 orang staff telah melakukan publikasi pada hari Kamis 23 April 2020 kepada masyarakat Demak dimulai dari Kauman, Jalan Pemuda, Perum Griya Praja, Pasar, Kadilangu, Jogoloyo, Tembiring. Selain menginformasikan ditiadakannya megengan juga menginformasikan perihal penutupan akses menuju Alun-alun setiap hari Jum’ at, Sabtu dan Minggu mulai pukuk 18.00 WIb s/d pukul 06.00 WIB. Khusus Hari Kamis 23 April 2020 penutupan dimulai pukul 12.00 WIB s/d 00.00 WIB. Penutupan kawasan Alun-alun simpang 6 merupakan upaya Pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19. Semoga dengan berbagai upaya- upaya pemerintah dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Bersih-Bersih Masjid Kadilangu Demak

Puasa di hari pertama tak membuat semangat staff Dinas Pariwisata Kabupaten Demak surut dalam menjaga kebersihan beberapa lokasi wisata Kabupaten Demak. Hal ini diwujudkan dengan adanya kerja bhakti membersihkan area Masjid Kadilangu. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24 April 2020 pagi hari di pelataran Masjid dan area dalam masjid Kadilangu. Tim staff Dinas Pariwisata Kabupaten Demak saling bergotong royong dan tetap bersemangat menjaga kebersihan dan kerapihan area masjid. Diharapkan dengan adanya kepedulian dan usaha dari seluruh karyawan Dinas Pariwisata dalam menjaga kebersihan lingkungan di setiap area lokasi wisata dapat menjadi langkah berkesinambungan dalam memerangi, meminimalisasi, serta memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 yang kini tengah mewabah dan menjadi musuh kita bersama. Tetap jaga kesehatan, karena kesehatan kita dinanti masyarakat dan keluarga di rumah.

“PEMBEKALAN MATERI PUBLIKASI PENUTUPAN AKSES KE ALUN-ALUN SIMPANG 6”

Menindak lanjuti hasil rakor gugus Covid-19 dalam upaya pencegahan penyebaran wabah covid-19 selama bulan suci Ramadhan di Kabupaten Demak seakan dilakukan penutupan akses jalan menuju alun-alun Simpang 6 Demak. Berdasarkan pemantauan selama penanganan pencegahan covid-19 masih terdapat kerumunan masyarakat yang melakukan aktivitas di sekitar alun-alun simpang 6. Untuk itu telah dibentuk tim gabungan yang terdiri dari Polres, Kodim, Dinas Perhubungan, Salpoll PP, Dinas Pariwisata. Polsek Demak, Kecamatan Demak bersama-sama melakukan pengamanan alun-alun Simpang 6. Kamis 23 April 2020 bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak dilakukan pembekalan kepada Tim Dinas Pariwisata Demak yang akan memberikan informasi kepada masyarakat Demak, tentang penutupan akses ke alun-alun simpang 6 dan ditiadakannya perayaan Megengan. Arahan kepala Dinas Pariwisata Bapak Agus Kriyanto, SE.MM sebagai berikut :

  1. Petugas piket Dinparta harus menunjukkan keaktifannya selama bertugas.
  2. Piket akan terjadwal setiap hari Jum’at, Sabtu dan Minggu selama masa tanggap pencegahan penyebaran covid-19.
  3. Piket akan dibagi 2 shift mulai pukul 18.00 WIB s/d 00.00 WIB, dan pukul 00.00 WIB s/d 06.00 WIB. Setiap shift, ditempatkan 2 orang untuk bertugas.
  4. Selama bertugas memakai seragam Identitas Dinas Pariwisata.
  5. Selama bulan ramadhan petugas akan mendapat konsumsi untuk buka puasa dan sahur dari bagian Kesra Setda Kabupaten Demak.
  6. Pada saat bertugas harus mengikuti komando dari Polres/ Satpol PP.
  7. Untuk kegiatan Kamis 23 April 2020 publikasi tidak adanya perayaan megengan dan penutupan akses jalan ke alun-alun. Setelah diberikan arahan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Tim segera menyiapkan kelengkapan publikasi.

Kerja Bakti Membersihkan Masjid Agung Demak

Bulan Ramadhan telah tiba, bulan yang penuh berkah bagi umat muslim disambut baik oleh keluarga besar Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, dengan tetap berusaha menjaga kebersihan lokasi wisata di daerah Kabupaten Demak dengan baik. Mengingat kebersihan adalah sebagian dari iman, staff karyawan Dinas Pariwisata bergotong royong bersama dalam menjalankan kerja bhakti di lingkungan sekitar area Masjid Agung Demak dengan penuh semangat. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jum’at pagi pada tanggal 24 April 2020, di pelataran Masjid Agung Demak, pada puasa pertama pada tahun ini. Diharapkannya dengan upaya tetap menjaga kebersihan lingkungan lokasi wisata di situasi maraknya wabah covid-19, dapat meminimalisasi dan memutus penyebaran mata rantai virus covid-19.