“RAKOR PEMANFAATAN SHOW ROOM UKM”


Sebagai tindak lanjut dari rencana pemanfaatan show room UKM Selasa 21 April 2020 berlangsung rapat koordinasi dengan Pengurus KADIN Kabupaten Demak. Rakor dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata, hadir dalam rakor tersebut 2 orang dari Kadin Demak, Sekretaris,Kepala Bidang, Kasie Propar dan Ka.Sie.Pelayanan Informasi Pariwisata. Arahan dari Kepala Dinas bahwa pada intinya mendukung sepenuhnya terkait pemanfaatan secara optimal Show room UKM yang selama ini dikelola oleh Bintang 5. Seperti keiingin Bapak Bupati adanya show room pusat oleh-oleh khas Demak yang menampung produk- produk unggulan UKM dsn ekonomi kreatif Kabupaten Demak. Keterkaitan dengan Pariwisata untuk diutamakan nilai ekonomi kreatif. Untuk rencana pengembangan lokasi agar dikoordinasikan dengan pengelola Aset agar dikemudian hari tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan. Oleh Perwakilan dari Kadin Demak akan segera menindak lanjuti dengan pengurus lainnya terkait pengembangan lokasi. Merupakan langkah yang tepat guna kemajuan UKM dan Ekonomi kreatif Kabupaten Demak untuk bersama – sama berkembang untuk peningkatan ekonomi masyarakat pelaku UKM dan Ekraf Kabupaten Damak.

“ASESSMANT PLAN TAKMIR MASJID AGUNG DEMAK PROGRES ISO 9001 2015”

Beberapa waktu yang lalu telah berlangsung suatu kegiatan yang diselenggaran oleh Takmir Masjid Agung Demak tepatnya pada tanggal 8 April sampai dengan 9 April 2020 yaitu Assesment ISO 9001 2015 oleh Auditor Independen dari PT.ACM Jakarta. Oleh karena masih dalam suasana pandemik Covid 19 sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan auditor langsung dengan Takmir Masjid Agung Demak. Assessmant dilakukan melalui Vicon dengan auditor : Mr. Sofyan Apriyadi S dari PT. ACM Jakarta
Hari I dengan jadwal audit :

  1. Top Management Discussion
  2. Dokumen control : (Internal Audit, Management review, organization cobtext, RISK and opportunities table, objective target)
  3. Bidang idaroh (Seksi Administrasi dan Karyawan dan seksi dokunentasi, Musium dan perpustakaan).
  4. Bidang Idaroh (Seksi perencanaan dan Seksi Makam).
  5. Bidang Imarah (Seksi PHBI dan Seksi Dakwah).
  6. Bidang Imarah (Seksi Ubudiah dan Seksi Remaja Masjid).
    Hari ke II:
  7. Bidang Imarah (Seksi kewanitaan).
  8. Bidang Ri’ ayah (Seksi pemeliharaan dan seksi kebersihan dan kesucian).
  9. Bidang Ri’ayah (Seksi peralatan IT dan seksi pertamanan) .
  10. Bidang ri’ ayah (Seksi Keamanan)
  11. Report Preparation.
    Dari hasil audit keseluruhan Alkhamdulillah hanya terdapat 1 temuan minor pada bagian administrasi dengan rekomendasi penuhan kelengkapan dokumen saja dan terekomendasi untuk mendapat Sertifikat ISO 9001: 2015 yang mana penyerahan sertifikat akan diberikan 1 bulan setelah hasil audit. Selamat untuk Takmir Masjid Agung Demak atas keberhasilannya jerih payah dan usaha selama berproses tidak ada yang tersia-siakan karena telah terbayar.

“VICON SIDANG PARIPURNA DPRD DEMAK”

Di tengah-tengah situadi pandemi, covid-19 Sidang paripurna DPRD Demak tetap berlangsung melalui Teleconference semua peserta sidang di ruang kerja masing-masing.

Bertempat di ruang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, pada tanggal 21 April 2020, pukul 10.00 WIB Kepala Dinas Pariwisata dengan seksama mengikuti jalannya sidang paripurna melalui Vicon dari ruang sidang DPRD Demak dengan agenda penyerahan LKPJ (Laporan Keuangan Pertanggung Jawaban) Bupati Demak tahun 2019. Sidang Paripurna melalui vicon diikuti oleh Bapak Bupati Demak,Wakil Bupati, Forkompimda, Sekretaris Daerah, Kepala instansi vertikal/BUMD/BUMN Kabupaten Demak. Sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Demak, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pemimpin rapat melanjutkan penyampaian berkenaan ucapan selamat dalam rangka memperingati Hari Kartini oleh karena bertepatan dengan peringatan Hari lahirnya RA.Kartini pelopor emansipasi wanita Indonesia yaitu tanggal 21 April. Ditengah-tengah suasana pandemi covid-19 ucapan trima kasih kepada Tim Gugus covid-19 yang bekerja fokus menangani wabah pandemik yang tengah terjadi saat ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian LKPJ Tahun 2019 oleh Bupati Demak Bapak M.H Natsir yang mana menurut perundang-undangan penyampaian LKPJ diserahkan dan dilaporkan pertanggungjawabannya di depan anggota DPRD, 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir. Dan untuk tahun 2020 ini, oleh karena situadi pandemik Covid-19 ini penyerahan LKPJ terakhir dilaporkan dan diserahkan pada tanggal 30 April 2020. Sidang paripurna dengan agenda penyerahan LKPJ tahun 2019 bersifat terbuka untuk umum secara transparasi. Diharapkan dengan adanya keterbukaan terkait pembahasan LKPJ Kabupaten Demak, dapat membawa pemerintahan Demak menjadi lebih dapat membenahi diri dalam perihal penggunaan anggaran lebih struktur dan optimal untuk kemajuan disegala sektor.