Jum’at Berkah di Masjid Kadilangu Demak

Bentuk aksi Dinas Pariwisata Kab. Demak dalam berempati di Virus corona ini ikut menerapkan PHBS dengan cara ikut membersihkan area Destinasi wisata Masjid Kadilangu Demak. Jum’at 17 April 2020 para karyawan Dinas Pariwisata penuh suka cita bekerja sama bahu membahu dalam membersihkan sekitar Masjid Kadilangu Demak yang hari ini sekiranya di gunakan untuk jama’ah Sholat jum’at. Mari bersama kita jaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita dan percayalah bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

” PEMBAGIAN MASKER GRATIS “


Selain telah nenyediakan tempat cuci tangan , hand sanitazer dan menyemprotan desinfektan dalam upaya melindungi Karyawan/ Karyawati Dinas Pariwisata Kabupaten dalam kondisi pandemik Covid- 19 Dinas Pariwisata Kabupaten Demak juga membagikan masker kepada seluruh karyawan/ karyawati masing- masing mendapat 2 buah masker yang sudah dipakai harus dicuci. Masker dipakai setiap hari kerja. Ingat masker satu kali pakai digunakan untuk tim medis dan masker kain digunakan untuk masyarakat umum yang dalam kondisi sehat.

” PEMANFAATAN RUANG SHOW ROOM UKM “

Dalam upaya mendukung pengembangan pelaku  Usaha Pariwisata Kabupaten Demak di bidang Usaha Kecil Menengah yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kabupaten Demak ( KADIN Demak ) beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan pembicaraan terkait pemanfaatan ruang show room UKM yang terletak dalam satu lokasi  dengan gedung Tourism Informastion Center Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Dengan pemanfaatan gedung tersebut para pelaku usaha pariwisata di bidang ekonomi kreatif dapat mendistribusikan hasil karyanya untuk dipasarkan melalui show room KADIN Demak selain untuk menjaring parawisatawan untuk memperoleh oleh – oleh khas Demak maupun souvenir juga untuk menyediakan OPD untuk menjamu tamu dinas maupun untuk oleh-oleh. Dengan demikian dapat membantu para UKM Kabupaten Demak dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarganya. Untuk melancarkan wacana tersebut bertempat di depan gedung Show room UKM diserahkan kunci Show room dari pengelola Torism Information Center Dinparta Kabupaten Demak Ibu Siti Umi Kulsum, S.Sos. kepada pengurus Kadin Demak Ibu Masnuah agar selanjutnya dapat dimanfaatkan Ruang Show Room UKM dan dilakukan pembenahan, penataan dan pembersihan.

” RAKOR INTERNAL PERSIAPAN PENENTUAN TARGET PAD PERUBAHAN 2020″

Sebagai bentuk keterbukaan / transparansi sebagai dasar setiap pengambilan kebijakan Senin 13 April 2020 yang lalu telah berlangsung rapat koordinasi internal untuk menyusun rencana target pendapatan perubahan TA. 2020. Rakor dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Demak dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural serta Bendahara penerimaan. Dalam arahannya Bapak Agus Kriyanto, SE, MM. menyampaikan  bahwa dampak Pandemik berpengaruh besar terhadap penerimaan retribusi Dinparta. Bulan – bulan Jawa menjelang puasa yang biasanya dapat  menyumbang PAD terbesar dibanding hari biasa namun dengan kondisi pandemik corona momen sudah terlewati dengan Nihil pemasukan yang tidak bisa kita prediksikan kapan akan berakhir. Dengan demikian diperkirakan sampai dengan bulan Juli kondisi masih sama belum dapat  normal dikhawatirkan sampai dengan Agustus 2020 juga belum bisa normal maka momen grebeg besar yang dapat menyumbang PAD 358 juta juga tidak dapat terealusasi. Untuk itu harus dibuat perhitungan yang tepat sebagai bahan rapat dengan tim anggaran Kabupaten. Setelah melalui pembahasan perhitungan berdasarkan asumsi- asumsi tersebut mendapatkan angka prediksi target pendapatan perubahan TA.2020 sebesar Rp. 1.8 M.dengan catatan segera diselesaikan pengajuan perubahan tarif retribusi agar segera dapat diterapkan pada saat suasana sudah normal.

” RAPAT PENENTUAN PAD PERUBAHAN ANGGARAN 2020″

Penutupan destinasi wisata berdampak pada penurunan penerimaan retribusi parkir Dinas Pariwisata. Sejak bulan Maret 2020 sampai dengan pandemik berakhir yang kita tidak pernah tahu otomatis tidak dapat terealisasi.  Bertempat di Ruang kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Rabu 15 April 2020 telah berlangsung kegiatan rapat koordinasi penentuan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Demak yang bersumber dari retribusi pariwisata Kabupaten Demak yaitu: retribusi wisatawan, parkir dan kebersihan. Rakor dipimpin langsung oleh Sekretaris  Daerah Kabupaten Demak Dr. Singgih Setyono, M.Kes  selaku ketua tim anggaran, dengan anggota terdiri dari Asisten Pemerintahan, Asisten  Administrasi, Inspektorat, Kepala BPKPAD, Ka.Bid. Pendapatan BPK PAD, Kepala Dinas Pariwisata yang didampingi  oleh seluruh pejabat struktural menyampaikan prediksi yang telah tersusun yaitu sebesar 1,8 M. dari target awal sebesar 2, 1 M.atas dasar penutupun destinasi wisata serta kegiatan grebeg besar yang rutin dilaksanakan yang menyumbang PAD sebesar 358juta setiap tahun karena pandemik tersebut diprediksikan tidak dapat diselenggarakan. Akan tetapi dari target awal sebeaar 2, 1 M  oleh karena dengan tarif yang lama untuk TA. 2019 yang sebesar Rp 2.294.727.000,-. hanya tercapai Rp 2.068.009.000  ( 90.12 %) kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak telah mengajukan perubahsn tarif retribusi melalui peraturan Bupati Demak. Akan tetapi menurut perhitungan Tim Anggaran dari perhitungan tarf yang baru diprediksikan  PAD dari sektor Pariwisata dapat terpenuhi dengan asumsi bahwa rencana peziarah yang tertunda karena pandemik covid-19  tetap akan diselenggaran para peziarah dipastikan akan dilaksanakan setelah wabah berakhir. Ketua Tim anggaran optimis target akan tetap dapat tercapai. Untuk itu di sarankam Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak sesegera mungkin menyelesaikan usulan perubahan tarif agar sesegera mungkin setelah pandemik berakhir destinadi wisata dibuka kembaki dengan tarif retribusi yang baru.  Atas keputusan tersebut Dinas Pariwisata menerima dan akan segera menempuh langkah- langkah selanjutnya yang akan ditindak lanjuti di internal Dinparta.