“KONSULTASI PENGADAAN BARANG DAN JASA”

Berkaitan dengan adanya Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 19/PMK.07/ 2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penyaluran dan Penggunaan Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Dana Insentif Daerah Tahun Anggaran 2020 dalam rangka penanggulangan (covid-19) Untuk itu Tim dari Dinas Pariwisata yang terdiri dari Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, Pejabat Pelaksana Tehnik Kegiatan melakukan konsultasi ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Demak. Disebutkan dalam PMK tersebut bahwa semua kegiatan yang bersumber dari DPHCHT, DAU Insentif Daerah, DAK agar ditangguhkan oleh karena adanya wabah pendemi (Covod-19) sehingga pemerintah lebih mengutamakan penanggulangan (covid-19). Agar pelaksanaan kegiatan di Dinas Pariwisata Kab.Demak dapat berjalan dengan lancar oleh karena itu tim melakukan konsultasi dan koordonasi berkaitan dengan kegiatan yang sudah terdaftar untuk proses pelelangan.
Dengan konsultadi dan koordinasi akan diperoleh solusi terbaik dan aman dari tindakam hukum. Semoga semua kegiatan dapat terlaksana dengan lancar ditengah-tengah situasi pendemi (covid-19).

“KEPALA DINPARTA KAB.DEMAK RELAXSASI BERSAMA KARYAWAN”

Di tengah maraknya pencegahan penularan (covid -19)berbagai informasi langkah-langkah cara mudah dilakukan dapat diaploud dari media sosial dan salah satu diantaranya adalah berjemur diterik sinar matahari pada jam 10.00- 11.00 Wib oleh karena menurut penelitian bahwa pada jam tersebut sinar matahari memproduksi sinar UVB yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan dapat membunuh virus-virus yang berada dalam tubuh manusia. Pada tanggal 30 Maret 2020 bertempat di halaman kantor Dinparta Kepala Dinas Pariwisata bersama karyawan/karyawati, mengadakan relaxsasi sambil senam pagi pada pukul 10.00 WIB. sampai dengan selesai. Senam relaksasi diadakan sebagai salah satu langkah pencegahan akan wabah global yang tengah menjangkau negeri ini. Diharapkan dengan adanya budaya berjemur di tengah sinar matahari pagi, diikuti dengan senam relaksasi secara rutin, dapat mencegah dan membatasi tersebarnya dan berkembangnya virus (covid-19) di lingkungan masyarakat Demak khususnya keluarga besar Dinparta.

“SABER DINPARTA TETAP BERTUGAS DALAM SUASANA TANGGAP DARURAT COVID-19”


Di tengah wabah global yang mendunia, covid-19 tidak menyurutkan semangat tim SABER (Satgas Kebersihan) Dinas Pariwisata Kabupaten Demak tetap menjalankan tugasnya untuk tetap menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan dan area parkir wisata meskipun saat ini sedang ditutup sementara waktu. SABER Dinparta terbagi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 7 personil yang terjadwal 7 hari bergantian dengan tim penarik retribusi . Oleh karena konsekwensi tugas , SABER tetap menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya meskipun dalam situasi tanggap covid- 19 yang kita tidak pernah tau dari mana dan kapan wabah penyakit itu berada/ datang. Untuk itu disarankan ketika menjalankan tugas tetap memakai masker dan mencuci tangan ketika selesai bertugas untuk kesehatan diri sendiri. Tim SABER bertugas di 3 tempat lokasi di Tembiring jogo indah, Kadilangu dan pujasera Masjid Agung Demak. Dihimbau kepada SABER, untuk tetap menjaga kesehatan tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam upaya mencegah penularan covid-19. Tetap tenang tidak perlu panik tetap semangat pejuang kebersihan parkir pariwisata tetap jaga kesehatan.

BAKSOS HAKLI KAB. DEMAK DI MAKAM SUNAN KALIJAGA KADILANGU


Sampai saat ini Kabupaten Demak masih dalam zona Hijau artinya walaupun menurut data terdapat status ODP dan PDP akan tetapi belum didapat pasien meninggal/menghawatirkan, akan tetapi kewaspadaan harus tetap diperhatikan dan ditaati bersama himbauan- himbauan pemerintah untuk keselamatan masyarakat Indonesia umumnya Demak pada khususnya. Tindakan- tindakan preventive untuk mencegah/ memutus mata rantai virus covid-19 tetap dilakukan. Seperti yang telah dilaksanakan oleh Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Kabupaten Demak pada hari minggu 29 Maret 2020 telah menyelenggaran bakti sosial dengan cara membersihkan dan penyemprotan desinfektan di Masjid Makam Kadilangu dan Makam Kanjeng Sunan Kalijaga Kadilangu Demak. Kegiatan diikuti oleh 25 orang yang tergabung dalam HAKLI. Kegiatan dihadiri oleh Takmir Masjid, Sekretaris Dinas Pariwisata, Polsel Demak, Koramil Demak. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan peralatan kebersihan kepada takmir Masjid. Hakli juga memberikan publikasi mengenai himbauan kepada masyarakat sekitar melalui pengeras suara Masjid tentang apa yang harus ditaati guna melindungi diri dari penularan virus Covid-19 diantaranya:

  1. Tetap tenang tidak boleh panik.
  2. Lebih baik berdiam diri di rumah apabila tidak ada keperluan yang urgen.
  3. Tidak diperbolehlan bepergian.
  4. Yang dalam perantauan dihimbau tidak mudik.
  5. Hindari pusat keramaian.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan.
  7. Sering cuci tangan dengan sabuln cair dengan air yang mengalir.
  8. Melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan tempat tinggal masing- masing.
  9. Memakai masker bila keluar rumah.
    10.Jaga jarak kurang lebih 1 M.
  10. Tidak usah bersalaman apalagi cipika cipiki.
  11. Apabila terdapat tetangga yang mudik laporka kepada petugas kesehatan setempat agar segera dilakukan test.covid-19.
  12. Tetap memohon Do’a pada Allah SWT.
    Kegiatan Baksos pada fasilitas umum sangat baik sekali sebagai upaya agar penyebaran wabah covid-19 segera tertangani agar perekonomian Indonesia segera bangkit, anak- anak bisa sekolah/ kuliah lagi tanpa ada kekhawatiran. Untuk itu masyarakat harus benar- benar mematuhi himbauan pemerintah.

TUTORIAL DESINFEKTAN OLEH KEPALA DINPARTA KAB. DEMAK


Dalam upaya melindungi diri maupun mencegah penularan Virus covid – 19 , Jum’at 27 Maret 2020 Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Agus Kriyanto,SE.MM. memimpin langsung tutorial pembuatan desinsfektan mandiri di hadapan pata karyawan/ karyawati Dinas Pariwisata Kabupaten Demak yang dibantu oleh Sekreyaris Dinparta Kurnia Zauharoh,SE.MM. Tutorial dengan menggunakan bahan yang mudah didapat dan murah yang sudah tersedia di kantor maupun di Rumah masing – masing. Dalam tutorial tersebut bahan – bahan yang digunakan adalah.:

  1. Bayclin / pemutih pakaian 2 sendok makan.
  2. Wipol/ karbol2 sendok makan.
  3. Super pel / pembersih lantai lainnya 4 sendok makan.
    dicampur 2 liter air diaduk hingga merata kemudian dimasukan ke dalam alat penyemprot, kemudian bisa dilakukan penyemprotan di tempat – tempat / benda di lingkungan kantor/ rumah. Diharapkan dengan tutorial tersebut dapat diimplementasikan oleh karyawan/ karyawati Dinas Pariwisata untuk melakukan desinfektan di rumah masing – masing. Diakhir tutorialnya Kepala Dinparta menpraktekan cara penyemprotan di lingkungan kantor Dinparta.